Tampang

Aplikasi Pinjol Diminta Pasang Peringatan Risiko Tinggi

8 Sep 2024 14:02 wib. 59
0 0
Aplikasi Pinjol Diminta Pasang Peringatan Risiko Tinggi
Sumber foto: iStock

Adanya kredit macet pada pinjol dapat berdampak pada nilai skor kredit seseorang. Selain itu, hal ini juga akan menyulitkan seseorang dalam mengajukan pembiayaan dari bank dan lembaga keuangan lainnya, misalnya untuk kebutuhan pembelian rumah dan mobil.

Sementara itu, total pembiayaan pinjol hingga akhir Juli 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 23,97% (year on year) menjadi Rp 69,39 triliun. Pertumbuhan ini terjadi lebih lambat dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 26,73% (year on year).

Data yang dirilis juga menunjukkan bahwa hingga Juli 2024, terdapat tujuh dari 147 perusahaan pembiayaan yang belum memenuhi persyaratan modal minimum. Selain itu, masih terdapat 26 dari 98 perusahaan peminjaman uang online atau peer to peer lending (P2P lending) yang belum memenuhi ekuitas minimum sebesar Rp 7,5 miliar sesuai dengan ketentuan POJK 10 tahun 2022 yang mulai berlaku pada 4 Juli 2024.

Selanjutnya, Agusman menjelaskan bahwa OJK terus berupaya mendorong pemenuhan persyaratan tersebut, baik melalui injeksi modal maupun pembatalan izin usaha. Kondisi ini menjadi perhatian karena keberlangsungan industri finansial berbasis teknologi ini perlu diawasi dengan ketat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?