Tampang

Alasan Sebenarnya Mengapa ABG Zaman Dulu Tampak Jauh Lebih Tua

6 Jul 2024 06:36 wib. 179
0 0
Alasan Sebenarnya Mengapa ABG Zaman Dulu Tampak Jauh Lebih Tua
Sumber foto: Kaskus.co.id

Saat mengingat masa remaja pada tahun 1980 atau 1990-an, kita mungkin teringat dengan tampilan remaja pada masa itu yang tampak lebih dewasa daripada remaja masa kini. Mengapa hal ini terjadi?

Tampang remaja zaman dulu tampak jauh lebih tua dibanding anak muda sekarang. Hal ini dapat dijelaskan dengan dua alasan utama. Pertama, alasan bias seleksi, dan kedua, faktor biologis.

Pada masa lalu, saat menonton film atau sinetron jadul, karakter-karakter remaja sering digambarkan dengan ciri-ciri yang membuat mereka tampak lebih tua, seperti memiliki kumis tebal. Contohnya adalah karakter Doel dalam sinetron populer "Si Doel Anak Sekolahan", yang diperankan oleh aktor senior Rano Karno. Sebaliknya, remaja sekarang cenderung memperlihatkan penampilan yang lebih fresh dan modern, tanpa kumis tebal, dengan perawatan kulit yang canggih, gaya rambut yang stylish, dan mode berpakaian yang terkini. Perbedaan ini menciptakan kesan bahwa remaja zaman dulu tampak lebih tua.

Namun sebenarnya, perbedaan tersebut sebagian besar dapat dijelaskan dengan fenomena bias seleksi. Michael Stevens dari Vsauce menyebut bahwa kita tidak seharusnya melihat masa lalu dari sudut pandang masa kini, yang menimbulkan bias dalam penilaian.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.