Tampang

Pemuda Asal Bekasi Bernama Leonardo Olefins, Gugat MK Minta Syarat Batas Usia Kerja Dihapus Karena Diskriminatif

11 Mar 2024 14:44 wib. 446
0 0
Hakim Konstitusi Arief Hidayat didampingi Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P Foekh dan Hakim Konstitusi Arsul Sani memimpin persidangan  tentang Ketenagakerjaan
Sumber foto: Foto: Humas/Panji

Pemuda Asal Bekasi Bernama Leonardo Olefins Gugat MK Minta Syarat Batas Usia Kerja Dihapus Karena Diskriminatif

Pemuda asal Bekasi bernama Leonardo Olefins Hamonangan telah mengajukan permohonan uji materi Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Langkah tersebut diambilnya sebagai respons terhadap keberatan atas syarat batas usia pada perekrutan tenaga kerja yang dianggapnya bersifat diskriminatif.

Menurut Leonardo, norma tersebut membuat syarat-syarat rekrutmen yang ditetapkan pemberi kerja bersifat diskriminatif karena membatasi kesempatan kerja bagi para pemuda. Ia menyatakan bahwa adanya batasan usia dalam syarat rekrutmen akan menghambat generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Selain itu, Leonardo juga menegaskan bahwa hal ini juga bertentangan dengan semangat inklusivitas dan kesetaraan dalam dunia kerja.

Leonardo sendiri memang belum bekerja, namun tindakannya ini menuai dukungan dari berbagai kalangan, terutama di kalangan pemuda yang juga berjuang melawan diskriminasi usia dalam dunia kerja. Banyak yang memandang langkah Leonardo sebagai langkah nyata dalam upaya menghapuskan diskriminasi di dunia kerja.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?