Tampang

Panduan 5 Langkah Literasi Finansial dari Broker Octa

27 Jun 2024 19:30 wib. 88
0 0
Panduan 5 Langkah Literasi Finansial dari Broker Octa
Sumber foto: Unsplash

Pentingnya literasi finansial adalah sederhana, yakni Anda perlu mengalokasikan anggaran sehingga pendapatan melebihi pengeluaran bulanan. Sisanya disarankan untuk ditabung dan diinvestasikan. Banyak yang menganut prinsip proporsi 80/10/10, dimana 80% dari pendapatan dibelanjakan untuk kebutuhan bulanan, 10% disisihkan, dan 10% lagi diinvestasikan. Konsep ini memungkinkan Anda mengalokasikan uang dengan wajar untuk menciptakan keamanan finansial serta menginvestasikan sejumlah dana guna menghasilkan aliran pendapatan baru.

Dengan meningkatnya literasi finansial, seseorang dapat memperbaiki kondisi keuangan dan kehidupannya. Menurut Otoritas Jasa Keuangan, literasi finansial menawarkan keuntungan yang signifikan karena dapat membantu individu mengidentifikasi serta menggunakan produk dan layanan finansial yang sesuai dengan kebutuhan, terlibat dalam perencanaan finansial yang lebih efektif, menghindari skema investasi yang meragukan, dan menyadari baik keuntungan maupun risiko produk dan layanan finansial.

Buat Anggaran dan Lacak Pengeluaran

Membuat anggaran berarti mengalokasikan keuangan. Anda dapat menyusunnya dalam bentuk tabel dengan mencatat pendapatan bulanan, pengeluaran tetap (tagihan, sewa, cicilan rumah, belanjaan), dan pengeluaran variabel (biaya kesehatan, makanan bawa pulang, transportasi, dan lainnya). Memiliki anggaran memungkinkan Anda untuk mengontrol pengeluaran dan mengetahui keteraturan keuangan Anda. Meskipun sudah melakukan penyusunan anggaran, disarankan untuk memeriksanya secara teratur karena lonjakan harga bisa saja terjadi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%