Tampang

Langkah Strategis Bank Syariah Indonesia dalam Mendorong Perkembangan UMKM

7 Okt 2024 20:34 wib. 65
0 0
Langkah Strategis Bank Syariah Indonesia dalam Mendorong Perkembangan UMKM
Sumber foto: Bisnis.com

Peran UMKM sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Hingga tahun 2023, UMKM mendominasi sekitar 99% dari seluruh unit bisnis di Indonesia. Jumlah UMKM diperkirakan mencapai sekitar 66 juta dan menyumbang sekitar 61% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. UMKM juga menjadi penyedia lapangan kerja bagi sekitar 117 juta pekerja di Indonesia.

Meskipun memiliki peranan penting, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses pembiayaan, teknologi, dan literasi digital. Untuk itu, BSI terus berupaya tidak hanya menyediakan pembiayaan, namun juga memberikan pendampingan, pelatihan, dan bantuan dalam memperoleh legalitas usaha dan sertifikasi halal bagi UMKM.

Pada Juni 2024, BSI telah menyalurkan pembiayaan kepada UMKM sebesar Rp47,72 triliun, dengan mayoritas diantaranya terfokus pada kluster perdagangan dan eceran, termasuk di dalamnya usaha makanan, fashion, kerajinan, pertanian, dan lainnya. Selain itu, BSI juga aktif memberikan pelatihan dan pembinaan melalui BSI UMKM Center yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep Makanan
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.