Tampang

Jangan Kaget, Mata Uang Tetangga RI Ini Miliki Kinerja Terbaik Dunia

2 Okt 2024 05:15 wib. 47
0 0
Jangan Kaget, Mata Uang Tetangga RI Ini Miliki Kinerja Terbaik Dunia
Sumber foto: iStock

Perlu diperhatikan bahwa pemilihan presiden AS yang akan datang dapat membawa volatilitas ke pasar. Amerika Serikat akan melaksanakan pemilihan presiden pada bulan November di mana mantan presiden, Donald Trump, akan mencalonkan diri lagi melawan wakil presiden saat ini, Kamala Harris. Hal ini tentu saja dapat memicu perubahan di pasar keuangan termasuk terhadap nilai tukar mata uang.

Pada tanggal 27 September, BMI Country Risk & Industry Research (BMI), sebuah unit dari Fitch Solutions, merevisi perkiraan terkait nilai ringgit pada akhir tahun 2024 menjadi RM4 per dolar AS, turun dari perkiraan sebelumnya sebesar RM4,55. BMI juga memperkirakan bahwa ringgit akan menguat sebesar 9% pada tahun 2025, bahkan berpotensi mencapai RM3,55 per dolar AS pada akhir tahun 2025.

Afzanizam Abdul Rashid, kepala ekonom Bank Muamalat Malaysia Bhd, juga memperkirakan bahwa permintaan terhadap ringgit akan tetap kuat. Laporan dari HSBC bahkan menaikkan peringkat Malaysia dari underweight menjadi netral, menunjukkan bahwa bank-bank asing memiliki pandangan yang positif terhadap prospek ekonomi Malaysia.

Bloomberg melaporkan bahwa ringgit mencatat kinerja kuartalan terbaiknya sejak tahun 1973. Para analis memperkirakan bahwa ringgit akan terus melanjutkan reli dan meningkat nilainya lebih lanjut, mengingat perbedaan suku bunga yang semakin sempit serta membaiknya kinerja perdagangan antara AS dan Malaysia.

Keberhasilan ringgit Malaysia dalam mencatat kinerja terbaik terhadap dolar AS tentu menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kebijakan fiskal dan moneter Indonesia. Kemampuan Malaysia untuk meningkatkan nilai tukar mata uangnya dengan sangat signifikan dalam kurun waktu yang relatif singkat merupakan bukti bahwa kebijakan ekonomi yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat dan kebijakan moneter yang tepat dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi mata uang suatu negara.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

It Will Happend if It Mean To Be
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.