Tampang

Bos Garuda Mendukung Rencana "Avtur dari Jelantah" Luhut

23 Jun 2024 08:58 wib. 172
0 0
Bos Garuda Mendukung Rencana "Avtur dari Jelantah" Luhut
Sumber foto: google

Luhut Pandjaitan turut mengajak untuk mempertimbangkan potensi minyak jelantah atau used cooking oil sebagai bahan bakar untuk industri penerbangan. Dalam postingan Instagramnya @luhut.pandjaitan, Luhut menuliskan pertanyaan tersebut pada Rabu, 29 Mei.

Diketahui, SAF merupakan bahan bakar pesawat yang lebih ramah lingkungan, dihasilkan dari campuran bahan bakar jet konvensional dan bahan pencampur berkelanjutan. Terdapat tujuh sumber utama bahan baku SAF, di antaranya adalah minyak goreng bekas.

Luhut juga menjelaskan bahwa pengembangan industri SAF sangat penting mengingat prediksi bahwa Indonesia akan menjadi pasar aviasi terbesar keempat di dunia dalam beberapa dekade mendatang, dan asumsi kebutuhan bahan bakar mencapai 7.500 ton liter hingga tahun 2030. Bahkan, Pertamina telah melakukan uji coba statis SAF untuk digunakan pada mesin jet CFM56-7B.

Dalam paparannya, Luhut menyatakan, "Hal ini membuktikan bahwa produk mereka layak digunakan pada pesawat komersil."

Penggunaan minyak jelantah sebagai salah satu sumber bahan bakar alternatif bagi aviasi dapat memberikan gambaran tentang upaya Indonesia dalam mencapai target memperoleh kemandirian energi yang lebih tinggi, serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Hal ini sejalan dengan visi pengembangan energi terbarukan yang lebih berkelanjutan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Air Tebu
0 Suka, 0 Komentar, 8 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.