Tampang

Antisipasi Pelaku Pasar Menyongsong Rilis Data BI & BPS

13 Okt 2024 13:44 wib. 62
0 0
Antisipasi Pelaku Pasar Menyongsong Rilis Data BI & BPS
Sumber foto: aa.com.tr

Tanggapan pasar keuangan Indonesia menantikan peristiwa signifikan dalam pekan depan, yang akan dipengaruhi oleh sentimen baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu peristiwa yang paling dinantikan adalah rilis data suku bunga dari Bank Indonesia (BI) dan statistik perdagangan dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Pada Senin (14/10/2024), pasar keuangan Indonesia belum terpengaruh secara signifikan oleh sentimen baik dari dalam maupun luar negeri. Namun, pada Selasa (15/10/2024), BPS dijadwalkan akan merilis data neraca perdagangan, ekspor, dan impor untuk periode September 2024.

Data sebelumnya menunjukkan bahwa neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2024 mengalami surplus sebesar US$2,89 miliar, menyusul surplus selama 52 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. Surplus ini dihasilkan oleh pertumbuhan ekspor sebesar 5,97% mencapai US$23,56 miliar, sementara impor lebih rendah sebesar US$20,67 miliar.

Menanggapi data tersebut, Pudji Ismartini, Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS, mengungkapkan bahwa surplus ini mengalami peningkatan sebesar US$2,4 miliar secara bulanan (month to month/mtm) dari Juli 2024. Namun, surplus ini masih lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Surplus neraca perdagangan Agustus 2024 ini lebih ditopang oleh surplus komoditas nonmigas sebesar US$4,34 miliar, dengan komoditas utama antara lain bahan bakar mineral, lemak hewan atau nabati, serta besi dan baja.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.