Tampang

Pesawat Teraneh di Dunia Ini Bentuknya Mirip Ikan Paus Tersenyum

4 Jun 2024 15:33 wib. 436
0 0
Pesawat Airbus Beluga
Sumber foto: google

Airbus Beluga dikenal sebagai salah satu pesawat teraneh di dunia. Beluga kini telah memiliki maskapai penerbangan sendiri yang diberi nama Airbus Beluga Transport. Pesawat kargo ini memiliki ukuran besar dan tampak aneh, sehingga menarik minat para pencinta pesawat.

Pesawat ini memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan bagian kepala pesawat ini tak kalah besar. Kepala pesawat bahkan disebut-sebut menyerupai moncong ikan paus, dan jika dilihat dari jauh, pesawat ini akan terlihat seperti ikan paus yang terbang di langit biru.

Pesawat Beluga telah beroperasi selama hampir dua dekade, dan digunakan untuk mengangkut suku cadang pesawat Airbus antara fasilitas manufaktur yang tersebar di seluruh Eropa. Menurut Head of Airbus Beluga Transport, Benoit Lemonnier, Beluga dikembangkan untuk mengangkut sebagian besar pesawat Airbus dari pabriknya di Perancis, Jerman, Inggris, Spanyol, dan Turki, ke jalur perakitan akhir yang berlokasi di Toulouse dan Hamburg.

Pesawat Beluga pertama kali terbang pada 1994 dan mulai beroperasi pada 1995. Namun, saat ini telah hadir versi pesawat Airbus Beluga yang baru, menggantikan model aslinya. Meskipun awalnya dikenal sebagai Airbus Super Transporter, bentuknya yang mirip ikan paus membuat Airbus memutuskan untuk mengganti nama tersebut menjadi Beluga. Nama "Beluga" sendiri terinspirasi dari salah satu jenis paus yang disebut-sebut mirip dengan pesawat ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%