Tampang

Pasar Wulandoni, Pasar Barter di NTT

5 Apr 2024 08:46 wib. 81
0 0
Pasar Wulandoni, Pasar Barter di NTT
Sumber foto: Tribunnews.com

Meskipun pasar Wulandoni memiliki keunikan tradisional yang kental, namun ternyata pasar ini juga tetap beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pasar ini hanya buka setiap hari Sabtu, dari jam 09.00 hingga 11.00 siang. Keputusan ini diambil mengingat barang-barang yang dibawa untuk dijual dan yang ingin mereka beli jumlahnya memang secukupnya saja, sehingga waktu operasional pasar pun disesuaikan, menambah nuansa eksklusifitas dan kekhasan dari pasar ini.

Dalam konteks globalisasi dan modernisasi, pasar tradisional seringkali dianggap ketinggalan zaman. Namun, pasar Wulandoni membuktikan bahwa keberadaan pasar tradisional tidaklah tergerus oleh perkembangan zaman. Pasar ini tetap mempertahankan budaya barter yang telah ada sejak ratusan tahun silam, sambil tetap beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan zaman yang terus berubah.

Hal ini menjadi bukti bahwa pasar tradisional memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan masyarakat, tidak hanya sebagai tempat berdagang, tetapi juga sebagai penjaga kearifan lokal dan keberagaman budaya. Salvage: 444kata

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Test Pack untuk Uji Kanker
0 Suka, 0 Komentar, 22 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?