Tampang

Oksigen Lautan Menyusut Karena Aktivitas Manusia

20 Sep 2024 21:11 wib. 40
0 0
Oksigen Lautan Menyusut Karena Aktivitas Manusia
Sumber foto: Google

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) baru-baru ini mengungkapkan data mengejutkan terkait penurunan kadar oksigen di lautan dunia. Menurut laporan terbaru dari UNESCO, oksigen di lautan dunia telah menyusut sebesar 2 persen. Penyusutan oksigen tersebut tak lepas dari berbagai aktivitas manusia, yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Menurunnya kadar oksigen di lautan memiliki dampak serius terhadap kehidupan laut dan ekosistemnya. Kita semua tahu bahwa oksigen sangat penting bagi kehidupan di laut, tanpa oksigen, kehidupan laut akan terganggu hingga pada tingkat yang mengkhawatirkan. UNESCO mencatat bahwa penurunan oksigen di lautan merupakan ancaman nyata bagi spesies laut dan ekosistemnya.

Salah satu faktor utama penyebab menurunnya kadar oksigen di lautan adalah aktivitas manusia. Berbagai kegiatan industri seperti pembuangan limbah dan polusi, pertambangan laut yang tidak terkendali, serta deforestasi di sekitar wilayah pantai semuanya berkontribusi terhadap penurunan kadar oksigen di lautan. Limbah industri dan pertanian yang terbuang ke laut menyebabkan eutrofikasi, di mana kadar nutrien dan alga berlebihan yang mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen di dalam air laut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.