Tampang

Kisah Burung Hantu Sumba: Misi Penyelamatan Spesies yang Kian Langka

18 Jul 2024 09:44 wib. 187
0 0
Misi Penyelamatan Spesies yang Kian Langka
Sumber foto: Google

 Burung hantu Sumba, atau lebih dikenal dengan nama Sumba Boobook (Ninox sumbaensis), adalah salah satu spesies burung hantu endemik yang hanya ditemukan di Pulau Sumba, Indonesia. Burung ini termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah, karena berbagai faktor yang mengancam kelangsungan hidupnya. Upaya penyelamatan dan konservasi telah dilakukan untuk melindungi burung hantu Sumba dari kepunahan. Artikel ini mengulas kisah burung hantu Sumba dan misi penyelamatan spesies yang semakin langka ini.

 Ekologi dan Habitat

Burung hantu Sumba mendiami hutanhutan primer dan sekunder di Pulau Sumba. Mereka lebih menyukai area hutan yang lebat dengan pepohonan tinggi yang menyediakan tempat bersarang dan bertengger. Burung ini merupakan predator nokturnal yang memangsa serangga, mamalia kecil, dan burungburung kecil lainnya. Habitat alami mereka sangat penting untuk kelangsungan hidupnya, namun sayangnya, habitat ini semakin terancam oleh aktivitas manusia.

 Ancaman Terhadap Kelangsungan Hidup

1. Deforestasi: Ancaman terbesar bagi burung hantu Sumba adalah deforestasi. Hutan di Pulau Sumba terus menyusut akibat penebangan liar, pembukaan lahan untuk pertanian, dan perambahan hutan. Hilangnya habitat ini mengurangi ketersediaan tempat bersarang dan mencari makan bagi burung hantu Sumba.

2. Perburuan dan Perdagangan Ilegal: Burung hantu Sumba juga terancam oleh perburuan dan perdagangan ilegal. Mereka sering ditangkap untuk dijual sebagai hewan peliharaan eksotis, yang menyebabkan penurunan populasi di alam liar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Samsung Galaxy S23 FE
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.