Tampang

Jemunak Muntilan, Takjil Ramadhan Yang Disebut dalam Serat Centhini

22 Mar 2024 11:33 wib. 91
0 0
Jemunak Muntilan, Takjil Ramadhan Yang Disebut dalam Serat Centhini
Sumber foto: Google

Takjil merupakan bagian penting dalam tradisi Ramadan di Indonesia. Setiap wilayah memiliki takjil khasnya masing-masing, yang membuat bulan suci ini semakin berwarna. Di Muntilan, Jawa Tengah, terdapat takjil khas yang disebut Jemunak, yang telah tercatat dalam kitab klasik "Serat Centhini".

Takjil merupakan makanan atau minuman ringan yang dikonsumsi untuk berbuka puasa. Masyarakat Muntilan biasanya menyediakan Jemunak sebagai takjil untuk berbuka puasa. 

Menurut catatan dalam "Serat Centhini", Jemunak dikenal sebagai salah satu takjil yang populer di Muntilan pada masa lalu. Serat Centhini sendiri merupakan kitab klasik Jawa yang berisi tentang kebudayaan Jawa pada masa lalu. Nama "Jemunak" sendiri berasal dari kata "Minum" yang dieja secara terbalik, menunjukkan bahwa Jemunak disiapkan sebagai minuman untuk berbuka puasa.

Jemunak sendiri terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti beras ketan, gula merah, santan, dan pandan. Proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit, namun rasa yang dihasilkan begitu lezat dan khas. Tak heran jika Jemunak tetap menjadi takjil favorit masyarakat Muntilan hingga saat ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?