Tampang

Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah

22 Mar 2024 04:51 wib. 211
0 0
Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah
Sumber foto: Google

Tapi siapa Midas, dan dari mana ide “sentuhan emas” itu berasal? Untuk memisahkan fakta dari fiksi, para arkeolog pertama-tama harus menunjukkan bahwa Raja Midas adalah manusia nyata. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat teks-teks kuno.

“Seorang raja Frigia bernama Midas disebutkan dalam beberapa sumber kuno, termasuk catatan sejarah penguasa Asyur Sargon II,” jelas Roller. "Bangsa Asyur menganggapnya sebagai raja yang kuat dan saingan utama dalam upaya mereka memperluas wilayah mereka pada abad ke-8 SM."

Bukti lebih lanjut tentang keberadaan Midas dapat ditemukan sekitar dua jam sebelah barat Gordion, di sebuah tempat bernama Yazılıkaya – lebih dikenal sebagai "Kota Midas". Jarang dikunjungi oleh wisatawan, ini adalah situs puncak bukit yang sangat indah dengan formasi vulkanik yang menonjol dari lanskapnya. Tempat ini penuh dengan gua dan makam kuno, dan tangga berusia 3.000 tahun mengarah ke terowongan gema yang dipahat dari batu padat.

Namun yang paling dramatis dari semua monumen di sini adalah fasad candi yang megah, setinggi 17m, yang diukir pada permukaan batu sekitar 3.000 tahun yang lalu. Di bagian atas, sebuah prasasti dalam bahasa Frigia kuno berbunyi: "Ates […] telah mendedikasikan [ini] untuk Midas, pemimpin tentara dan penguasa". Bukti tertulis di batu bahwa Midas adalah raja sejati, cukup penting bagi penguasa setempat Ates untuk menjaminkan kuilnya kepadanya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?