Tampang

Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah

22 Mar 2024 04:51 wib. 212
0 0
Gordion Kota Legenda Yang Hilang di Turki Tengah
Sumber foto: Google

Untuk merayakannya, gerobaknya dipajang di kuil, diikat dengan simpul rumit – Simpul Gordion yang terkenal . Legenda mengatakan bahwa siapa pun yang bisa melepaskan ikatan ini akan memerintah Asia. Selama bertahun-tahun, banyak orang mencoba, namun semuanya gagal. “Kami belum menemukan bukti adanya gerobak atau simpul,” kata Rose. “Tetapi beberapa sejarawan Yunani Kuno melaporkan bahwa pada tahun 333 SM Alexander Agung datang ke sini dalam perjalanannya untuk mengalahkan tentara Persia. Ketika dia menghadapi simpul tersebut, dia hanya menghunus pedangnya dan memotongnya. Jadi, kami pikir simpul tersebut benar-benar ada. Dan kemudian Alexander menaklukkan sebagian besar Asia, menggenapi ramalan itu."

Tapi bagaimana dengan "sentuhan emas"? Dari mana ide ini berasal? Yang mengejutkan, para arkeolog belum menemukan banyak emas di antara 40.000 artefak yang ditemukan sejauh ini di Gordion: beberapa perhiasan, beberapa koin emas, dan ukiran sphinx yang disepuh dengan sangat indah. Jika ada emas di kota tersebut, mungkin emas tersebut telah dijarah selama berabad-abad, atau mungkin masih tersembunyi di dalam 85 gundukan kuburan yang belum digali.

Namun para arkeolog punya teori lain tentang asal usul mitos tersebut. “Kami pikir itu hanya metafora,” jelas Roller. "Di bawah pemerintahan Midas, Gordion menjadi kaya dan berkuasa. Cerita tersebut menjadi metafora untuk seseorang yang sangat kaya. Bahkan saat ini, ketika kita mengatakan seseorang memiliki "sentuhan emas" yang kita maksud adalah orang yang mencapai kekayaan atau kesuksesan dengan mudah. ​​​​Raja Midas tampaknya memiliki hadiah itu."

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?