Tampang

Bule Michael Hatcher: Penjelajah Laut yang Mendapatkan 100 Batang Emas di Laut RI

19 Jun 2024 19:00 wib. 203
0 0
Bule Michael Hatcher: Penjelajah Laut yang Mendapatkan 100 Batang Emas di Laut RI
Sumber foto: detik.news.com

Pada tahun 1986, Hatcher mencapai puncak kesuksesannya dengan menemukan kapal VOC, Geldermalsen, yang tenggelam di perairan Karang Heliputan, Riau. Dia berhasil mengangkat 100 batang emas dan 20.000 porselin China dari Dinasti Ming dan Qing. Kesuksesan ini tentu tidak datang dengan mudah, karena untuk mencapai harta karun tersebut, Hatcher harus turun ke dasar laut yang memiliki kedalaman lebih dari 50 meter. Namun, usahanya terbayar dengan hasil yang melimpah.

Keberhasilan Hatcher dalam mencari harta karun ini tidak hanya membuatnya kaya mendadak, tetapi juga memantik semangat orang-orang di Indonesia, baik individu maupun kelompok, untuk melakukan hal serupa. Namun, kabar ini membuat pemerintah geram, terutama Presiden Soeharto yang merasa terkejut dan kecolongan karena tidak mengetahui bahwa ada potensi harta karun besar di dasar laut Indonesia.

Maka tak heran jika pada tahun 1989, Soeharto mengeluarkan Keppres No. 43 tentang Panitia Nasional Pengangkatan dan Pemanfaatan Benda Berharga Asal Muatan Kapal yang Tenggelam, yang bertujuan untuk mengatur dan mengawasi kegiatan penjelajahan dan penemuan harta karun di Indonesia. Aturan ini pun masih eksis dan berlaku hingga saat ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pengertian Uretra
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jun 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.