Tutup Iklan
hijab
  
login Register
Trump Melakukan Perjalanan Asia, Menjanjikan 'pernyataan utama' Saat Kembali ke D.C.

Trump Melakukan Perjalanan Asia, Menjanjikan 'pernyataan utama' Saat Kembali ke D.C.

14 November 2017 | Dibaca : 288x | Penulis : Slesta

Dalam meliput tur 12 hari angin puyuhnya di Filipina pada hari Selasa, Presiden Donald Trump memuji perjalanan lima negara itu sebagai sesuatu yang produktif dan sukses - dan menjanjikan sebuah pengumuman "besar" saat kembali ke Amerika Serikat.

"Saya pikir hasil kerja kami akan luar biasa, apakah itu keamanan negara kita, apakah itu keamanan dunia atau apakah itu perdagangan," kata presiden kepada wartawan di atas Air Force One saat meninggalkan Manila.

"Sudah 12 hari yang hebat, itu karpet merah seperti tidak ada orang, saya pikir, mungkin pernah diterima," kata Trump sebelum pergi. "Dan itu benar-benar pertanda hormat, mungkin untukku sedikit, tapi sungguh untuk negara kita."

Presiden mengatakan sebuah pernyataan penting akan dilakukan saat kembali ke Washington.

"Saya akan membuat pernyataan besar dari @WhiteHouse saat saya kembali ke D.C.," dia tweeted.

Trump memulai perjalanan pada 3 November dan melakukan pemberhentian di Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam dan Filipina. Dia bertemu dengan pemimpin Shinzo Abe (Jepang), Xi Jinping (China), Trần Đại Quang (Vietnam) dan Rodrigo Duterte (Filipina).

Perjalanan tersebut menghasilkan miliaran dolar dalam perjanjian perdagangan, kebanyakan dengan China. Trump menempatkan angka tersebut pada $ 300 miliar, dengan harapan akan segera tiga kali lipat. Trump telah menggarisbawahi pentingnya kesepakatan perdagangan antar negara di Asia dan bukan kemitraan dagang multi-negara, seperti Kemitraan Trans-Pasifik era Obama.

Namun, TPP 11-negara, yang kemudian ditarik Amerika Serikat pada bulan Januari, tetap berlaku di wilayah tersebut. Di Jepang, Trump mendesak pembelian peralatan militer A.S.

China setuju bahwa Semenanjung Korea harus bebas dari senjata nuklir, namun Xi tidak memberikan komitmen tambahan pada tujuan tersebut setelah bertemu dengan Trump. Tidak ada konsesi yang jelas dari China mengenai masalah perdagangan yang dibawa Trump, termasuk pembuangan baja dan pencurian kekayaan intelektual.

Banyak pengamat terkejut Senin oleh hubungan positif antara Trump dan Duterte, mengingat track record kontroversial pemimpin Filipina mengenai hak asasi manusia. Duterte memiliki hubungan yang tegang dengan mantan Presiden Barack Obama dan telah diduga memerintahkan ribuan orang terbunuh dalam tindakan penindasan obat bius di negaranya.

Duterte dan Trump menawarkan sebuah pernyataan bersama Senin, mengatakan bahwa pertemuan mereka "menggarisbawahi bahwa hak asasi manusia dan martabat kehidupan manusia sangat penting" - walaupun pemerintah Filipina mengatakan pada hari Senin bahwa keduanya sama sekali tidak membahas masalah pelanggaran hak asasi manusia. Trump membual tentang "hubungan baik" dengan Duterte.

Hanya sekali selama perjalanan, Trump memberikan komentar antagonis off-script. Dia keberatan disebut "tua" oleh pemimpin Korea Utara Kim Jung Un.

"Saya TIDAK PERNAH akan memanggilnya pendek dan gemuk," Trump tweeted.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

4 Makanan dan Minuman yang Bisa Menghangatkan Badan
27 Juli 2018, by Retno Indriyani
Tampang.com - Saat cuaca sedang dingin sehingga membuat tubuh menggigil, kita pasti membutuhkan sesuatu yang hangat untuk menaikkan suhu tubuh. Bisa dengan ...
Hindari Beberapa Kebiasaan ini Agar Jantung Anda Tetap Sehat
28 April 2017, by Devi
Penyakit Jantung masih menjadi penyakit mematikan no.1 di dunia , umum nya gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat memicu jantung anda jadi bekerja dengan ...
5 Tips Agar Baterai iPhone Kamu Tidak Boros
14 April 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Pernah lihat iPhone kamu, dan menyadari baterainya tinggal beberapa persen padahal daya baterainya baru diisi? Atau mungkin kamu sering mengalaminya ? Jika ...
Bangga, Indonesia Raih Juara Ketiga dalam Kejuaraan Bergengsi Matematika Internasional!
19 Juli 2017, by Zeal
tampang.com - Kontingen Indonesia berhasil meraih juara ketiga dalam ajang kejuaraan Matematika Internasional, Po Leung Kuk 20th Primary Mathematics World ...
Berikut Ini Waktu yang Tepat Miliki Anak Setelah Menikah
13 November 2017, by Slesta
Tampang.com – Setelah menikah tentu saja setiap pasnagan menginginkan untuk memiliki momongan. Namun , keputusan untuk memiliki momongan sendiri dapat ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
SabunPemutih