Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Nyamannya Hidup, Ketika Kita Berani Berkata 'Tidak'

Nyamannya Hidup, Ketika Kita Berani Berkata 'Tidak'

15 Maret 2018 | Dibaca : 1317x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Membuat orang lain senang tak selamanya membuat diri kita menjadi senang dan nyaman juga. Hal ini karena ketika kita takut untuk berkata 'tidak'. ini dapat menimbulkan rasa cemas dalam diri kita. Bahkan, membuat kita berbohong demi kebaikan kita.

Pengalaman ini tak hanya dirasakan oleh kita saja. Penulis asal Inggris, Charlotte Grainger pun merasakannya juga. Dikutip dari laman Reader Digest, Grainger pernah merasa takut untuk menolak tawaran yang diberikan padanya.

Hal ini karena penulis lepas di bidang kesehatan dan hubungan tersebut hanya ingin merasa diterima, dihargai, dan dicintai.

"Satu-satunya cara untuk mendapatkan semua itu adalah dengan memenuhi kebutuhan orang lain sebelum saya sendiri," tulis Grainger.

Namun, Grainger mulai berani untuk mengatakan 'tidak' pada pekerjaan tersebut. Dia memulai untuk berdiri sendiri, dan ternyata keputusan tersebut membawanya pada perubahan dalam hidupnya. Inilah tiga perubahan yang ia rasakan ketika mencoba untuk mengubah pola pikirnya untuk lebih berani mengatakan 'tidak'.

Berhenti mengarang alasan

Perubahan hidup ini berkaca pada pengalaman Grainger enam bulan yang lalu. Saat itu, dia diminta untuk menjadi sukarelawan dalam melayani tamu pada acara sosial yang panjang dan membosankan. Meski mengetahui acara tersebut membosankan, dia tetap mengambil pekerjaan tersebut.

Akibatnya, Grainger merasa cemas dan mengatakan pada panitia penyelenggara dirinya mengalami flu yang buruk. Keputusannya itu membuat dirinya merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, Grainger menyarankan untuk berani menolak sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman. Anda dapat mengatakannya dengan jujur tetapi sopan. Menurutnya, Hal ini akan sedikit lebih sopan dan menyenangkan daripada berbohong seperti pengalamannya tersebut.

Tidak ada yang merasa keberatan

Mengatakan 'tidak' awalnya memang terasa sulit. Namun demikian, jika hal ini terus dilakukan, Anda akan sulit untuk mengatur jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Inilah yang membuat Anda kerap menjadi pusing memikirkan hal tersebut sendirian.

Grainger menceritakan pengalamannya ketika dia diajak untuk pergi minum kopi oleh teman baiknya. Padahal, di saat yang sama, dia akan melakukan latihan fisik. Karena itu, Grainger meminta maaf pada teman baiknya tersebut.

Mendengar hal tersebut, teman baiknya pun terkata, "Tidak apa-apa. Mungkin lain kali." Hal tersebut membuat Grainger ingin menangis.

Memiliki banyak waktu sendiri

Berani berkata 'tidak' pada ajakan orang lain membuat Grainger mendapatkan banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang ingin dilakukannya. Dengan begitu, dia bisa mempelajari bahasa Spanyol, menulis lebih banyak fiksi, dan melakukan perjalanan. Grainger mengakui berani berkata 'tidak' membuat dirinya menjadi lebih bebas.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Lakukan Langkah Penting Ini setelah Membeli Rumah
12 Mei 2018, by Slesta
Tampang.com – Setelah membeli rumah, biasanya seseorang akan mengalami kondisi keuangan yang tidak sehat. Terutama setelah membeli rumah, pemilik rumah ...
Song Hye-Kyo dan Song Joong-Ki Akan Menikah?
5 Juli 2017, by Rachmiamy
Descendants of The Sun. Mendengar kalimat itu pasti langsung teringat pada drama Korea fenomenal yang dibintangi Song Hye Kyo dan Song Joong Ki. Drama Korea ...
Juventus tunggu Duo Madrid di Final Champions
10 Mei 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Juventus sukses mengubur impian AS Monaco melaju ke final Liga Champions setelah berhasil unggul 2 - 1 pada pertandingan dini hari tadi di ...
Asyiknya Jadi Perencana Liburan
28 Juni 2018, by Dika Mustika
Perencanaan ternyata tidak melulu urusan pekerjaan lho. Keterampilan perencanaan ini bukan hanya dipakai untuk mengurusi urusan pekerjaan ketika menentukan ...
Mungkinkah Rancangan Pesawat Ini Terwujud di Masa Depan?
13 Juli 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Seorang insinyur bernama Vladimir Tatarenko membuat desain pesawat yang mengklaim dapat menyelamatkan penumpang saat terjadi ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
JasaReview