Tutup Iklan
JasaReview
  
login Register
Nyamannya Hidup, Ketika Kita Berani Berkata 'Tidak'

Nyamannya Hidup, Ketika Kita Berani Berkata 'Tidak'

15 Maret 2018 | Dibaca : 2536x | Penulis : Ghilman Azka Fauzan

Tampang.com - Membuat orang lain senang tak selamanya membuat diri kita menjadi senang dan nyaman juga. Hal ini karena ketika kita takut untuk berkata 'tidak'. ini dapat menimbulkan rasa cemas dalam diri kita. Bahkan, membuat kita berbohong demi kebaikan kita.

Pengalaman ini tak hanya dirasakan oleh kita saja. Penulis asal Inggris, Charlotte Grainger pun merasakannya juga. Dikutip dari laman Reader Digest, Grainger pernah merasa takut untuk menolak tawaran yang diberikan padanya.

Hal ini karena penulis lepas di bidang kesehatan dan hubungan tersebut hanya ingin merasa diterima, dihargai, dan dicintai.

"Satu-satunya cara untuk mendapatkan semua itu adalah dengan memenuhi kebutuhan orang lain sebelum saya sendiri," tulis Grainger.

Namun, Grainger mulai berani untuk mengatakan 'tidak' pada pekerjaan tersebut. Dia memulai untuk berdiri sendiri, dan ternyata keputusan tersebut membawanya pada perubahan dalam hidupnya. Inilah tiga perubahan yang ia rasakan ketika mencoba untuk mengubah pola pikirnya untuk lebih berani mengatakan 'tidak'.

Berhenti mengarang alasan

Perubahan hidup ini berkaca pada pengalaman Grainger enam bulan yang lalu. Saat itu, dia diminta untuk menjadi sukarelawan dalam melayani tamu pada acara sosial yang panjang dan membosankan. Meski mengetahui acara tersebut membosankan, dia tetap mengambil pekerjaan tersebut.

Akibatnya, Grainger merasa cemas dan mengatakan pada panitia penyelenggara dirinya mengalami flu yang buruk. Keputusannya itu membuat dirinya merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, Grainger menyarankan untuk berani menolak sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman. Anda dapat mengatakannya dengan jujur tetapi sopan. Menurutnya, Hal ini akan sedikit lebih sopan dan menyenangkan daripada berbohong seperti pengalamannya tersebut.

Tidak ada yang merasa keberatan

Mengatakan 'tidak' awalnya memang terasa sulit. Namun demikian, jika hal ini terus dilakukan, Anda akan sulit untuk mengatur jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Inilah yang membuat Anda kerap menjadi pusing memikirkan hal tersebut sendirian.

Grainger menceritakan pengalamannya ketika dia diajak untuk pergi minum kopi oleh teman baiknya. Padahal, di saat yang sama, dia akan melakukan latihan fisik. Karena itu, Grainger meminta maaf pada teman baiknya tersebut.

Mendengar hal tersebut, teman baiknya pun terkata, "Tidak apa-apa. Mungkin lain kali." Hal tersebut membuat Grainger ingin menangis.

Memiliki banyak waktu sendiri

Berani berkata 'tidak' pada ajakan orang lain membuat Grainger mendapatkan banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang ingin dilakukannya. Dengan begitu, dia bisa mempelajari bahasa Spanyol, menulis lebih banyak fiksi, dan melakukan perjalanan. Grainger mengakui berani berkata 'tidak' membuat dirinya menjadi lebih bebas.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Prediksi David Villa Tentang Laga Bigmatch Valencia vs Barcelona di Pekan Ketiga Belas Liga Spanyol 2017/2018
23 November 2017, by Rachmiamy
Laga bigmatch akan tersaji di pekan ketiga belas Liga Spanyol 2017/2018. Laga yang akan berlangsung Minggu (26/11/2017) atau Senin dini hari WIB mempertemukan ...
Sepuluh Ribu atau Dua Puluh Ribu
14 Maret 2018, by oteli w
SEPULUH RIBU ATAU DUA PULUH RIBU   Rumah Tomi dipenuhi oleh kerabatnya yang datang untuk makan malam merayakan Natal. Kakek memanggil Tomi yang ...
romelu lukaku
6 Juni 2017, by Tonton Taufik
Chelsea mendapatkan kembali Romelu Lukaku dari Everton dengan jumlah transfer fee £80 juta. Everton pada musim 2013/2014 mendapatkan Romelu Lukaku dengan ...
Resep Giant Croissant, Dessert ala Menu Barat Bercita Rasa Manis Gurih
13 Juli 2018, by Maman Soleman
Menurut akar katanya yang berasal dari bahasa Prancis, dessert berasal dari kata desservir. Kata desservir itu berasal dari kata des dan servir yang artinya ...
10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan
27 Maret 2018, by Jenis Jaya Waruwu
Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
JasaReview