Tutup Iklan
Tryout.id
  
login Register
Dampak ( + ) dan  (- ) dari Perkembangan Teknologi dan Zaman

Dampak ( + ) dan (- ) dari Perkembangan Teknologi dan Zaman

24 Februari 2018 | Dibaca : 1335x | Penulis : Rahmat Zaenudin

Tampang.com - Perkembangan teknologi dan segala dampaknya adalah hal yang nggak bisa kita hindari. Kalo diperhatiin sih, perkembangan teknologi sebenernya menuntut manusia buat lebih dewasa dan bijaksana dalam bertindak.

Di saat sumber daya manusia tergantikan sama mesin-mesin atau robot canggih, produktivitas manusiapun jadi terancam. Maksudnya sih emang buat efisiensi, tapi pengangguran bisa jadi masalah gawat apalagi buat negara-negara berkembang atau negara dunia ketiga kayak Indonesia.

Di satu sisi, fungsinya sangat dibutuhkan. Tapi di sisi lain, banyak juga orang yang ngerasain nggak enaknya. Apa iya revolusi harus selalu “makan korban” sebelum berhasil?

1. Teknologi Nuklir

Penggunaan yang salah itu disayangkan banget karena sebenernya nuklir diciptakan sebagai salah satu sumber energi untuk mengatasi krisis bahan bakar.

Untuk saat ini, nuklir banyak dipake buat pembangkit tenaga listrik karena efisien. Tapi nggak semua negara boleh punya teknologi ini, diliat dari kesiapan negara itu sendiri, mengingat penanganannya harus extra extra cermat dan disiplin. Emang sih masih banyak masyarakat yang meragukan keamanan nuklir karena selain menimbulkan radiasi, teknologi ini juga menghasilkan limbah radioaktif.

Jadi secara nggak langsung, nuklir juga bisa mencegah kerusakan lingkungan. Selain untuk tenaga listrik, nuklir juga memproduksi panas untuk rumah-rumah dan industri dan memproduksi radioisotop yang biasa dipake para scientists untuk penelitian.

2. Teknologi Industri

Ramenya jenis kendaraan bermotor makin memperparah polusi udara yang akhirnya ikut memperparah global warming. Belom lagi kemacetan jalan, krisis BBM dan berbagai kecelakaan kereta api dan pesawat terbang. Ada lagi transportasi untuk keperluan khusus kayak Stealth.

On the other side, transportasi jelas sangat penting buat mobilitas kita. Sederet dampak negatif-nya nggak ngebuat industri transportasi mandeg. Malah makin banyak yang berusaha menyempurnakan sistem yang udah ada.

Teknologi pesawat terbang pun makin berkembang dan sanggup ngebawa kita ke ujung dunia lebih cepat. Bahkan pesawat-pesawat tempur militer pun punya dampak positif. Negara-negara yang punya pesawat militer canggih, dianggap punya tingkat keamanan yang baik. Kondisi ini bisa mengundang kepercayaan investor buat menanamkan modal asing hingga membangkitkan perekonomian negara.

3. Teknologi Informasi

Pesatnya perkembangan internet, bikin kita nggak ngebatesin informasi yang masuk. Akibatnya? Anak-anak dibawah usia 15 tahun rata-rata udah pernah nge-klik website porno! Selain itu, internet juga bisa bikin repot dengan adanya cyber crime kayak “carding” alias shopping via internet pake kode kartu kredit curian, atau serangan virus dan para hackers.

Tapi mau gimana lagi? Era globalisasi “memaksa” kita jadi masyarakat media. Internet dan media massa udah jadi kebutuhan wajib. Semua orang dari semua bidang butuh teknologi yang satu ini.

Mulai dari pebisnis, militer, sampe anak sekolahan. Bayangin deh, tanpa internet, mau nyari bahan buat tugas sekolah/kuliah aja kita bakal mesti buka ensiklopedi segede-gede gaban.

Kalo pake internet kan tinggal klik! Jarak beribu-ribu mil juga terjembatani dengan cepet dan murah. Begitupun TV dan media lainnya yang selain bersifat menghibur juga memudahkan kita mengakses informasi.

Dan apapun itu perkembangan teknoogi yang sedang berkembang saat ini, orang tua tetap wajib menjadi pendamping byang baik untuk sang anak agar tidak terpengaruh dampak negati yang berbahaya sekali.  Dan lebih bijak menyikapi perkembangan yang ada.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Bahaya di Balik Kelezatan Makanan yang di Bakar
4 Mei 2018, by Retno Indriyani
Tampang.com - Makanan yang disajikan dengan cara di bakar memiliki cita rasa tersendiri yang menggugah selera. Siapa yang tak suka makanan yang dibakar seperti ...
Nasihat Jokowi untuk Para WNI di Singapura
6 September 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Kedatangan Presiden RI, Jokowi di Singapura disambut meriah oleh para WNI di Kedubes Indonesia di Singapura. Jokowi bertemu dengan WNI disana ...
Upaya Pemerintah Meningkatkan Produksi dan Kualitas Garam Nasional
1 September 2017, by Retno Indriyani
Tampang.com -  Garam nasional saat ini sedang dilanda kelangkaan akibat stok bahan baku yang sulit didapatkan. Akibat kelangkaan ini produksi garam pun ...
Gulung Tikar, Perusahaan Taksi di Jakarta Sisa 4
9 Oktober 2017, by Rindang Riyanti
Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta mengungkapkan, kini hanya ada 4 perusahaan taksi yang bertahan dari sebelumnya ada 32 perusahaan taksi yang ada ...
Inilah alasan Irjen M Iriawan Diberhentikan Dari Jabatannya!
24 Juli 2017, by Slesta
Tampang.com – Irjen Mochamad Iriawan kini telah menanggalkan jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya. Kini, Ia telah mengemban tugas baru sebagai Asisten ...
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
hijab