Tutup Iklan
JusKulitManggis
  
login Register
Dampak ( + ) dan  (- ) dari Perkembangan Teknologi dan Zaman

Dampak ( + ) dan (- ) dari Perkembangan Teknologi dan Zaman

24 Februari 2018 | Dibaca : 642x | Penulis : Rahmat Zaenudin

Tampang.com - Perkembangan teknologi dan segala dampaknya adalah hal yang nggak bisa kita hindari. Kalo diperhatiin sih, perkembangan teknologi sebenernya menuntut manusia buat lebih dewasa dan bijaksana dalam bertindak.

Di saat sumber daya manusia tergantikan sama mesin-mesin atau robot canggih, produktivitas manusiapun jadi terancam. Maksudnya sih emang buat efisiensi, tapi pengangguran bisa jadi masalah gawat apalagi buat negara-negara berkembang atau negara dunia ketiga kayak Indonesia.

Di satu sisi, fungsinya sangat dibutuhkan. Tapi di sisi lain, banyak juga orang yang ngerasain nggak enaknya. Apa iya revolusi harus selalu “makan korban” sebelum berhasil?

1. Teknologi Nuklir

Penggunaan yang salah itu disayangkan banget karena sebenernya nuklir diciptakan sebagai salah satu sumber energi untuk mengatasi krisis bahan bakar.

Untuk saat ini, nuklir banyak dipake buat pembangkit tenaga listrik karena efisien. Tapi nggak semua negara boleh punya teknologi ini, diliat dari kesiapan negara itu sendiri, mengingat penanganannya harus extra extra cermat dan disiplin. Emang sih masih banyak masyarakat yang meragukan keamanan nuklir karena selain menimbulkan radiasi, teknologi ini juga menghasilkan limbah radioaktif.

Jadi secara nggak langsung, nuklir juga bisa mencegah kerusakan lingkungan. Selain untuk tenaga listrik, nuklir juga memproduksi panas untuk rumah-rumah dan industri dan memproduksi radioisotop yang biasa dipake para scientists untuk penelitian.

2. Teknologi Industri

Ramenya jenis kendaraan bermotor makin memperparah polusi udara yang akhirnya ikut memperparah global warming. Belom lagi kemacetan jalan, krisis BBM dan berbagai kecelakaan kereta api dan pesawat terbang. Ada lagi transportasi untuk keperluan khusus kayak Stealth.

On the other side, transportasi jelas sangat penting buat mobilitas kita. Sederet dampak negatif-nya nggak ngebuat industri transportasi mandeg. Malah makin banyak yang berusaha menyempurnakan sistem yang udah ada.

Teknologi pesawat terbang pun makin berkembang dan sanggup ngebawa kita ke ujung dunia lebih cepat. Bahkan pesawat-pesawat tempur militer pun punya dampak positif. Negara-negara yang punya pesawat militer canggih, dianggap punya tingkat keamanan yang baik. Kondisi ini bisa mengundang kepercayaan investor buat menanamkan modal asing hingga membangkitkan perekonomian negara.

3. Teknologi Informasi

Pesatnya perkembangan internet, bikin kita nggak ngebatesin informasi yang masuk. Akibatnya? Anak-anak dibawah usia 15 tahun rata-rata udah pernah nge-klik website porno! Selain itu, internet juga bisa bikin repot dengan adanya cyber crime kayak “carding” alias shopping via internet pake kode kartu kredit curian, atau serangan virus dan para hackers.

Tapi mau gimana lagi? Era globalisasi “memaksa” kita jadi masyarakat media. Internet dan media massa udah jadi kebutuhan wajib. Semua orang dari semua bidang butuh teknologi yang satu ini.

Mulai dari pebisnis, militer, sampe anak sekolahan. Bayangin deh, tanpa internet, mau nyari bahan buat tugas sekolah/kuliah aja kita bakal mesti buka ensiklopedi segede-gede gaban.

Kalo pake internet kan tinggal klik! Jarak beribu-ribu mil juga terjembatani dengan cepet dan murah. Begitupun TV dan media lainnya yang selain bersifat menghibur juga memudahkan kita mengakses informasi.

Dan apapun itu perkembangan teknoogi yang sedang berkembang saat ini, orang tua tetap wajib menjadi pendamping byang baik untuk sang anak agar tidak terpengaruh dampak negati yang berbahaya sekali.  Dan lebih bijak menyikapi perkembangan yang ada.

#Tagar Berita

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Harry Kane : Liga Champions tidak Seseram yang Dibayangkan
24 November 2017, by Rachmiamy
Tottenham Hotspur bermain sangat cemerlang di Liga Champions 2017/2018. Dari lima laga yang telah dilakukan, klub asal Inggris tersebut belum pernah mengalami ...
Ridwan Kamil : Pembangunan Jabar Sesuai Tata Ruang Wilayah
23 Maret 2018, by Slesta
Tampang.com – Dalam kampanyenya, Pasangan Rindu atau Ridwan Kamil – UU Ruzhanul Ulum memiliki rencana untuk melakukan pembangunan di Jawa Barat ...
Manajemen Persib masih kasih Kesempatan buat Carlton Cole
26 Mei 2017, by Rahmat Zaenudin
Tampang.com- Performa buruk yang selama ini ditunjukkan oleh mantan penyerang West Ham United, Carlton Cole dalam skuad Persib Bandung, menjadikan manajemen ...
Ini 5 Makanan Unik Favorit Orang Korea
2 November 2017, by Ghilman Azka Fauzan
Tampang.com - Tiap negara pastinya memiliki makanan uniknya masing-masing. Kali ini, kita akan mengulas mengenai makanan unik yang tersedia di Korea, bahkan ...
dr Terawan, Kerjanya diapresiasi Pasien, tapi kok Dipecat?
5 April 2018, by Zeal
Tampang.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar mengenai surat keputusan berkaitan dengan pemecatan sementara terhadap penemu metode "Cuci Otak", Dr ...
Berita Terpopuler
Polling
Vote untuk Presiden 2019-20124
#Tagar
 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved
 
Tutup Iklan
SabunPemutih