Tampang

Toshiba PHK 4.000 Karyawan, Era Elektronik Jepang Berakhir?

23 Mei 2024 09:06 wib. 386
0 0
Toshiba PHK 4.000 Karyawan
Sumber foto: google

PT Toshiba Consumer Products Indonesia (TCPI) memutuskan untuk menutup pabrik produksinya di Indonesia. Keputusan ini diambil setelah perusahaan elektronik asal Jepang ini mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Sebanyak 4.000 karyawan akan terkena dampak dari penutupan pabrik ini. Keputusan ini merupakan cermin dari perubahan landskap industri elektronik Jepang di tengah-tengah persaingan global yang semakin ketat.

Keputusan itu diambil Toshiba guna mempercepat restrukturisasi di bawah kepemilikan baru. Sebab, Toshiba diambil alih oleh konsorsium domestik yang dipimpin Japan Industrial Partners (JIP). Konsorsium berharap bisa meningkatkan performa Toshiba setelah menghadapi berbagai skandal dan masalah keuangan selama satu dekade.

Penutupan pabrik ini menjadi sebuah kejutan besar di dunia industri elektronik di Indonesia. Toshiba per Desember 2023 menjadi perusahaan swasta atau tertutup (private company). Pasalnya, perusahaan yang didirikan pada 1875 itu tak terdaftar lagi di bursa saham Tokyo (Tokyo Stock Exchange). Sebelumnya, Toshiba menjadi perusahaan publik atau perusahaan terbuka, dan terdaftar di Tokyo Stock Exchange sejak 1949. Artinya, ini mengakhiri era Toshiba sebagai perusahaan publik selama 74 tahun.

Selain mengumumkan PHK, Toshiba juga berencana memindahkan kantornya dari pusat kota Tokyo ke Kawasaki, yaitu sebuah kota yang ada di barat Tokyo. Dengan sejumlah perubahan itu, perusahaan mengharapkan kenaikan margin keuntungan sebesar 10 persen dalam tiga tahun ke depan. PHK ini menambah deret perusahaan Jepang yang mengambil keputusan yang sama. Perusahaan pembuat mesin foto copy Konica Minolta, perusahaan elektronik Omron hingga perusahaan kosmetik Shiseido pun memangkas sejumlah karyawan, dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (20/5/2024).

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

ammar zoni
0 Suka, 0 Komentar, 10 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%