Tampang

Pengguna Android tetap telacak oleh Google meski GPS tidak Aktif

24 Nov 2017 14:31 wib. 1.138
0 0
Pengguna Android tetap telacak oleh Google meski GPS tidak Aktif

Tampang.com - Sejak awal tahun 2017 ini, smartphone Android dapat menyimpan alamat melalui menara seluler terdekat meskipun layanan lokasi sedang dinonaktifkan. Data alamat tersebut akan dikirim kembali ke Google melalui data yang terenkripsi kepush notification dan sistem pengelolaan pesan ketika terhubung dengan internet.

Cara inilah yang tak terhindarkan oleh pengguna ponsel, meskipun GPS nonaktif, tidak ada kartu SIM, ataupun saat ponsel telah dilakukan reset pabrik, Google masih bisa melacak lokasimu. Alhasil Google sebagai perusahaan di balik sistem Android ini dapat membuntuti penggunanya di manapun berada. Hal ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Google sendiri.

Hal itu tentu amat merugikan sekaligus berisiko bagi para pengguna yang tidak ingin kehilangan privasinya. Misalnya saja bagi korban kekerasan dalam rumah tangga yang hendak mematikan layanan lokasi untuk menyembunyikan keberadaan mereka, ataupun bagi aparat penegak hukum. Meski terenkripsi, tetap saja hal ini berpotensial bagi mata-mata atau hacker untuk meretas data yang dimiliki pengguna Android, karena setiap ponsel memiliki ID unik yang dapat dikaitkan dengan data lokasi.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ada Apa di Taman Lansia Bandung?
0 Suka, 0 Komentar, 17 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?