Tampang

Ketika Pemain Basket Melanggar Aturan dengan Memegang Bola Terlalu Lama

13 Apr 2024 08:34 wib. 39
0 0
Ketika Pemain Basket Melanggar Aturan dengan Memegang Bola Terlalu Lama

Dalam dunia olahraga basket, setiap pemain harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan selama pertandingan. Salah satu aturan yang sering kali terjadi adalah aturan terkait dengan pemain yang memegang bola lebih lama dari waktu yang diizinkan. Istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pelanggaran aturan ini adalah "penalti bola tengah".

Aturan mengenai pemain yang memegang bola lebih lama dari waktu yang diizinkan merupakan sebuah konsep yang penting dalam permainan basket. Aturan ini bertujuan untuk mendorong permainan yang cepat dan dinamis, sehingga memungkinkan setiap tim untuk memiliki kesempatan yang adil dalam mendapatkan peluang menyerang dan bertahan.

Dalam peraturan FIBA (Fédération Internationale de Basketball) atau aturan permainan basket internasional, terdapat ketentuan yang mengatur tentang pemain yang memegang bola terlalu lama. Menurut aturan ini, seorang pemain diperbolehkan untuk memegang bola selama 5 detik saat melakukan dribbling atau saat menerima bola ketika melakukan inbound. Selain itu, aturan juga mengatur bahwa seorang pemain diperbolehkan untuk memegang bola selama 3 detik saat berada di daerah terlarang (key area) atau di area tembakan bebas.

Apabila seorang pemain melanggar aturan ini dengan memegang bola lebih lama dari waktu yang diizinkan, maka aturan mengenai "penalti bola tengah" akan diterapkan. Istilah "penalti bola tengah" merujuk pada situasi di mana wasit memberikan keuntungan kepada tim lawan dengan memberikan bola kepada tim lawan yang melakukan pelanggaran aturan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan sanksi kepada tim yang melanggar aturan dan memberikan kesempatan merespon kepada tim lawan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?