Tampang

Jangan Biarkan Laptop Terus Di-Cas Semalaman, Ini Alasannya

25 Okt 2024 19:19 wib. 29
0 0
Jangan Biarkan Laptop Terus Di-Cas Semalaman, Ini Alasannya
Sumber foto: iStock

Salah satu kebiasaan yang sering terjadi adalah meninggalkan laptop tercolok charger setelah selesai digunakan. Meskipun dilakukan demi kenyamanan dan kemudahan, kebiasaan ini sebenarnya dapat memberikan dampak negatif pada perangkat tersebut. Sebagaimana elektronik lainnya, laptop juga dapat mengalami kerusakan jika terus-menerus dalam kondisi tercolok cas.

Ada beberapa masalah yang kemungkinan akan dirasakan saat laptop terus-menerus dalam kondisi terpasang cas:

1. Umur Baterai

Laptop umumnya menggunakan baterai berjenis lithium-ion yang memiliki siklus pengisian terbatas, berkisar antara 300 hingga 500 kali. Saat laptop terus-menerus di-charge, ini dapat mengurangi kapasitas baterai lebih cepat dari seharusnya.

Jika baterai sudah terdegradasi, kinerja baterai pun menurun, bahkan pada akhirnya, baterai tersebut akan perlu diganti dengan yang baru. Hal ini tentu menjadi kerugian bagi pemilik laptop tersebut, mengingat biaya penggantian baterai laptop yang lumayan mahal.

2. Kelebihan Pemanasan

Pengisian yang terlalu lama juga dapat mempengaruhi suhu laptop saat digunakan. Kelebihan pemanasan pada laptop dapat merusak komponen internal, bahkan dapat mempengaruhi kesehatan baterai, dan mempercepat proses penurunan kapasitas baterai.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Naik Kereta Api di Zaman Now...
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jun 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.