Tampang

Dampingi Lansia Agar Waspadai Penipuan Berkedok Salam Lebaran

5 Apr 2024 08:47 wib. 59
0 0
ILUSTRASI PERENCANAAN DANA PENSIUN.
Sumber foto: SHUTTERSTOCK/ITTIGALLERY

Pada momen Lebaran, biasanya menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk saling bersilaturahmi. Namun, bila belum ada kesempatan untuk bertemu, sejumlah masyarakat dapat saling berkirim pesan berisi salam Lebaran.

Namun, tak jarang pesan tersebut juga berisi foto, gambar bergerak, atau gif, dan bentuk-bentuk kreatif lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi, momentum ini juga bisa jadi peluang bagi para pelaku penipuan atau kejahatan online. Kondisi ini terkadang membuat para lansia atau orang tua kita lengah dan terjebak dalam modus penipuan tersebut.

Apalagi saat ini, penggunaan internet tidak lagi menjadi monopoli generasi muda. Sudah banyak lansia yang juga memakai smartphone untuk keperluan sehari-hari. Menurut survey oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 7,19 persen dari total populasi Indonesia yang terkoneksi internet adalah lansia, yakni mereka yang berusia 55 tahun ke atas. Namun, dengan keterbatasan pengetahuan teknologi dan rentan terhadap kejahatan siber, lansia seringkali menjadi target empuk bagi para penipu digital.

 Modus Penipuan Online

Ada banyak modus penipuan online yang bisa terjadi, misalnya pengiriman salam Lebaran yang tanpa disadari korban disertai dengan file APK lewat WhatsApp. Ketika korban lengah dan menginstall aplikasi tersebut, maka pelaku akan memiliki akses ke smartphone korban.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kok Masih Benci pada Simbol Bintang Daud?
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jul 2017
Menara Eifel
0 Suka, 0 Komentar, 15 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?