Tampang

Kisah Pilu Siti Aisyah Mundur dari UNRI karena UKT Mahal

24 Mei 2024 18:42 wib. 92
0 0
Kisah Pilu Siti Aisyah Mundur dari UNRI karena UKT Mahal
Sumber foto: google

Mahasiswa adalah tonggak utama dalam memajukan bangsa dan negara. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Siti Aisyah menjadi salah satu dari ribuan orang yang diterima di Universitas Riau (Unri) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Namun gadis berprestasi dan langganan juara kelas di SMA-nya itu harus rela mengundurkan diri karena mahalnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dipatok Unri.

Siti Aisyah awalnya sangat bersemangat untuk melanjutkan pendidikan di UNRI. Namun, saat ia mendapatkan informasi mengenai besarnya biaya UKT yang harus dibayarkan setiap semester, hatinya terasa hancur. Siti Aisyah yang diterima di jurusan Agroteknologi itu harus membayar UKT golongan 4 sebesar Rp3,5 juta per semester. Orang tua Siti yang hanya bekerja serabutan pun tak sanggup membayarnya. UKT yang terlalu mahal membuatnya harus mengambil keputusan pahit untuk mundur dari kampus impian tersebut. 

Diketahui polemik kenaikan UKT ini memang sedang hangat diperbincangkan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim bahkan sempat dicecar pertanyaan mengenai UKT pada rapat bersama DPR Komisi X pada Selasa (21/5) lalu. Namun, realitas pahit yang dihadapi oleh Siti Aisyah menggambarkan betapa sulitnya akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

UNRI sendiri sebenarnya telah menawarkan berbagai program bantuan dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu, namun ternyata hal tersebut masih belum mampu menjangkau semua mahasiswa yang membutuhkan. Akibatnya, mahasiswa seperti Siti Aisyah harus memilih untuk menyelesaikan pendidikan mereka di jalur yang lebih murah, namun seringkali berkualitas rendah, atau bahkan terpaksa putus sekolah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Garis Alismu Cermin Kepribadianmu
0 Suka, 0 Komentar, 17 Des 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%