Tampang

Dampak Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence di Lingkungan Kerja Orang Jepang

20 Jul 2024 05:53 wib. 100
0 0
Dampak Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence di Lingkungan Kerja Orang Jepang
Sumber foto: Unsplash

Dalam sebuah survei terbaru, terungkap bahwa Jepang menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) di lingkungan kerja. Sebagian perusahaan telah menerapkan AI dalam bisnisnya, sementara sebagian lainnya tidak tertarik untuk menggunakannya sama sekali. Hasil survei dari Nikkei Research menunjukkan bahwa 24% responden telah memperkenalkan AI dalam bisnisnya, sedangkan 35% berencana menerapkannya di masa depan. Namun, di sisi lain, 41% perusahaan tidak merencanakan untuk mengadopsi AI di lingkungan kerja mereka (Reuters, Kamis, 18 Juli 2024).

Reuters mencatat bahwa perbedaan ini mencerminkan adanya inovasi teknologi yang beragam di setiap perusahaan di Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan AI belum merata di seluruh sektor industri Jepang. Riset yang dilakukan oleh Nikkei Research juga menanyakan tujuan penerapan AI dari subjek penelitiannya. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar (60%) responden mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja, sementara 53% responden lebih tertarik pada pemangkasan biaya tenaga kerja. Sementara itu, 36% responden menjawab bahwa penggunaan AI dapat mempercepat penelitian dan pengembangan.

Meskipun begitu, keberadaan AI juga menimbulkan beberapa ketakutan di antara pekerja di Jepang, khususnya dalam hal pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Hal ini terjadi karena perusahaan cenderung lebih memilih untuk menggunakan robot AI daripada tenaga kerja manusia. Manajer dari perusahaan transportasi mengatakan bahwa para karyawan cemas akan kemungkinan pengurangan jumlah tenaga kerja yang diakibatkan oleh pengenalan teknologi AI. Hambatan lainnya termasuk kurangnya keahlian dalam bidang teknologi, masalah modal yang besar, dan kekhawatiran terkait dengan keandalan teknologi AI.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?