Tampang

Byju: Dulu Nilainya Rp 360 Triliun, Sekarang Nol

1 Jul 2024 10:33 wib. 39
0 0
Byju: Dulu Nilainya Rp 360 Triliun, Sekarang Nol
Sumber foto: Entrackr.com

Prosus, yang juga merupakan investor di perusahaan teknologi besar seperti Tencent dan OLX, memiliki perwakilan di dewan komisaris Byju. Mereka menuduh bahwa Byju telah mengabaikan saran dari para pemegang saham. Para investor Byju juga menuding manajemen perusahaan telah menyampaikan informasi palsu terkait penggalangan dana sebesar US$ 200 juta yang diumumkan pada tahun tersebut.

HSBC, lembaga keuangan global, menilai bahwa saham Byju hampir tidak memiliki nilai. Dalam risetnya, HSBC menyatakan bahwa kepemilikan Prosus atas 10% saham Byju tidak lagi layak untuk dipertimbangkan.

Perubahan drastis juga terjadi dalam catatan keuangan Byju dalam satu tahun terakhir. Startup tersebut sebelumnya menghabiskan sekitar US$ 2,5 miliar (sekitar Rp 39 triliun) untuk mengakuisisi lebih dari selusin perusahaan pada tahun 2021 dan 2022. Selain itu, Byju telah berhasil menggalang dana lebih dari US$ 5 miliar (sekitar Rp 78,89 triliun) dari investor-investor ternama seperti General Atlantic, Silver Lake, Peak XV, Lightspeed, Chan Zuckerberg Initiative, BlackRock, UBS, Prosus Ventures, dan B Capital.

Raveendran, pendiri Byju, mengakui bahwa perusahaan telah berusaha memangkas pengeluaran dan merombak organisasi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini. Namun, kepergian beberapa anggota dewan komisaris Byju, termasuk GV Ravishankar dari Peak XV Partners, Russer Dreisenstock dari Prosus, dan Vivian Wu dari Chan Zuckerberg Initiative, menunjukkan bahwa ada ketidakpastian dalam kepemimpinan perusahaan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Asyiknya Olahraga Panahan
0 Suka, 0 Komentar, 25 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%