Tampang

7 Fakta Menarik tentang Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

26 Mar 2024 21:26 wib. 219
0 0
Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi
Sumber foto: instagram: @jennierubyjane

2. Terinspirasi dari presiden pertama UAE
Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden pertama Uni Emirat Arab (UAE) selama lebih dari tiga dekade, adalah inspirasi dari pembangunan masjid ini. Untuk mencerminkan pesan Islam kepada dunia, beliau membangun masjid ini sebagai tempat untuk mencerminkan nilai-nilai perdamaian, toleransi, dan keberagaman.

3. Terdiri dari 82 kubah
Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi dihiasi dengan 82 kubah yang mengitarinya. Kehadiran kubah ini tidak hanya menambah kemegahan masjid tetapi juga berhasil menggandeng rekor Guinness World Records sebagai kubah masjid terbesar di dunia. Kubah-kubah tersebut berlapiskan marmer putih dan dilengkapi dengan lambang bulan sabit berlapiskan mozaik kaca emas di bagian atasnya, memberikan kesan suci dan megah pada masjid ini.

4. Lampu gantung terbesar di dunia
Ketika memasuki bagian dalam masjid, pengunjung disambut dengan lampu hias berwarna emas yang tergantung di langit-langit. Terdapat tujuh lampu gantung berbahan kristal murni, yang berukuran bervariasi dan tersebar di seluruh sudut masjid. Di ruangan salat utama, terdapat lampu gantung kristal terbesar berukuran 10 meter, tinggi 15 meter, dan berat 12 ton.

5. Memiliki menara setinggi 106 meter
Masjid Sheikh Zayed Grand Abu Dhabi memiliki empat menara setinggi 106 meter di sekitar kompleks masjid. Keberadaan menara ini tidak hanya menambah kesan mewah tetapi juga memberikan nuansa megah. Menara masjid ini memiliki gaya arsitektur hasil perpaduan tiga budaya, yaitu Maroko, Andalusia, dan Mameluke.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?