Tampang

Nasib Binatang Saat Yaumul Hisab: Apakah Mereka Dihisab?

13 Jul 2024 09:53 wib. 115
0 0
binatang
Sumber foto: pinterest

Yaumul Hisab, atau hari perhitungan, merupakan salah satu dari tiga fase kehidupan setelah kematian dalam ajaran agama Islam. Pada hari itu, semua manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas segala amal perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Namun, bagaimana dengan nasib binatang? Apakah mereka juga akan dihisab? Pertanyaan ini sering kali menjadi bahan kontemplasi dan perdebatan di kalangan umat Islam. Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama menjelajahi pandangan-pandangan tentang nasib binatang saat Yaumul Hisab.

Dalam konsepsi Islam, kehidupan binatang adalah salah satu anugerah Allah yang patut dihargai. Binatang-binatang diciptakan oleh-Nya sebagai makhluk yang memiliki kehidupan dan hak-haknya sendiri. Kehidupan mereka diatur dalam kebijaksanaan Allah, dan dalam banyak ayat dalam Al-Qur'an, kita diperintahkan untuk memperlakukan binatang dengan kasih sayang dan keadilan. Namun, apakah mereka akan dihisab atau tidak, itu menjadi pertanyaan yang kompleks.

Beberapa pandangan menyatakan bahwa binatang tidak akan dihisab pada Yaumul Hisab. Salah satu alasan utamanya adalah karena binatang tidak diberi kehendak bebas atau akal untuk memahami dan memilih antara kebaikan dan keburukan. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk membuat keputusan moral seperti manusia. Dalam konteks ini, disimpulkan bahwa binatang tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka. Allah menciptakan mereka sebagai bagian dari hikmah dan rahmat-Nya tanpa membebani mereka dengan tanggung jawab moral.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?