Tampang

Bolehkah Menggosok Gigi di Siang Hari Ketika Puasa?

19 Mar 2024 16:33 wib. 511
0 0
Menggosok Gigi
Sumber foto: Pinterest.com

Bolehkah Menggosok Gigi di Siang Hari Ketika Puasa?*

Menggosok gigi di siang hari ketika sedang menjalani puasa merupakan topik yang sering menjadi perdebatan. Sebagian orang menganggap bahwa menggosok gigi di siang hari bisa membatalkan puasa, sementara yang lainnya meyakini bahwa tindakan tersebut diperbolehkan. Setidaknya, ada dua pandangan dari dua madzhab yang populer dalam Islam terkait hal ini.

Menurut pandangan madzhab Hanafi, menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang memiliki rasa atau aroma yang kuat tidak membatalkan puasa. Mereka menganggap bahwa aroma atau rasa yang terasa di mulut tidak masuk ke dalam tubuh secara langsung. Oleh karena itu, bagi pengikut madzhab Hanafi, menggosok gigi di siang hari saat puasa tidak membatalkan puasa.

Sementara, menurut pandangan madzhab Syafi'i, menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang memiliki rasa atau aroma yang kuat dapat membatalkan puasa. Mereka berpegang pada pendapat bahwa benda-benda yang masuk ke dalam mulut dengan sengaja, seperti makanan, minuman, atau pasta gigi yang memiliki rasa atau aroma yang kuat, dapat membatalkan puasa.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kontrak Baru, Nilai Jual Baru
0 Suka, 0 Komentar, 5 Jul 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?