ïºÙŽï»›Ù’ﻌَﺘَﺎ ïºï»ŸÙ’ï»”ÙŽïº Ù’ïº®Ù ïº§ÙŽï»´Ù’ïº®ÙŒ ﻣÙﻦَ ïºï»ŸïºªÙّﻧْﻴَﺎ ï»ÙŽï»£ÙŽïºŽ ﻓÙﻴﻬَﺎ
“ Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya. ” (HR. Muslim no. 725). Jika keutamaan shalat sunnah fajar saja demikian adanya, bagaimana lagi dengan keutamaan shalat Shubuh itu sendiri.
ada yang membedakan antara shalat sunnah fajar dan shalat sunnah qobliyah shubuh. Ini jelas keliru. Imam Nawawi mengatakan,
ﺃَﻥَّ ﺳÙﻨَّﺔ ïºï»Ÿïº¼Ùّﺒْﺢ ﻟَﺎ ﻳَﺪْﺧÙﻞ ï»ÙŽï»—ْﺘﻬَﺎ ﺇÙﻟَّﺎ ﺑÙﻄÙï» Ùﻮﻉ٠ïºï»ŸÙ’ï»”ÙŽïº Ù’ïº® ØŒ ï»ÙŽïºïº³Ù’ﺘÙïº¤Ù’ïº’ÙŽïºŽïº ïº—ÙŽï»˜Ù’ïºªÙﻳﻤﻬَﺎ ﻓÙﻲ ﺃَï»ÙŽÙ‘ï» ï»ƒÙï» Ùﻮﻉ ïºï»ŸÙ’ï»”ÙŽïº Ù’ïº® ï»ÙŽïº—َﺨْﻔÙﻴﻔﻬَﺎ ØŒ ï»ÙŽï»«Ùï»®ÙŽ ï»£ÙŽïº¬Ù’ï»«ÙŽïº ï»£ÙŽïºŽï»ŸÙﻚ ï»ÙŽïºï»Ÿïº¸ÙŽÙ‘ﺎﻓÙﻌÙﻲّ ï»ÙŽïºï»ŸÙ’ïº ÙﻤْﻬÙï»®ïº
“Shalat sunnah Shubuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Shubuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i dan jumhur (baca: mayoritas) ulama.” ( Syarh Shahih Muslim , 6: 3).