Tampang

Syarat dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Saat Idul Adha

10 Jun 2024 14:14 wib. 43
0 0
hewan kurban
Sumber foto: Google

Menyembelih hewan kurban merupakan salah satu tradisi yang dilakukan umat Muslim saat merayakan Idul Adha. Proses penyembelihan hewan kurban ini memiliki tata cara dan syarat-syarat tertentu sesuai dengan ajaran agama Islam. Melalui artikel ini, kita akan membahas tata cara dan syarat menyembelih hewan kurban yang seharusnya dipahami dan diterapkan oleh umat Muslim, terutama bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha. 

Syarat Menyembelih Hewan Kurban

Sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memastikan penyembelihan dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam. Pertama, hewan kurban yang akan disembelih harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Hewan kurban yang diizinkan dalam Islam antara lain adalah kambing, domba, sapi, dan unta. Hewan itu sendiri haruslah sehat dan tidak memiliki cacat yang mengganggu kesehatannya. Selain itu, hewan tersebut juga harus sudah mencapai usia dewasa, yakni sesuai dengan batasan usia yang ditetapkan dalam ajaran Islam. 

Selain syarat hewan kurban yang harus dipenuhi, juga terdapat syarat bagi pelaksana penyembelihan. Pembawa kurban haruslah seorang Muslim yang telah baligh (dewasa) dan berakal sehat. Proses penyembelihan harus dilakukan secara syar'i dan sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan dalam agama Islam.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%