Tampang

Keutamaan dan Manfaat Shalat Shubuh di Masjid Bagi Umat Muslim

15 Apr 2024 06:46 wib. 35
0 0
Shalat Shuh di Masjid bagi Agama Islam
Sumber foto: Google

Shalat Shubuh merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Melakukan shalat pada waktu subuh memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi kehidupan spiritual dan sosial umat Muslim. Ketika shalat Shubuh dijalankan di masjid, manfaatnya pun akan menjadi lebih besar lagi. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan manfaat shalat Shubuh di masjid bagi umat Muslim.

Keutamaan Shalat Shubuh di Masjid
Shalat Shubuh di masjid memiliki keutamaan yang sangat istimewa di mata Allah SWT. Rasulullah SAW memerintahkan umat Muslim untuk melaksanakan Shalat Shubuh di masjid, dan beliau menjelaskan bahwa shalat tersebut memiliki pahala yang lebih besar daripada shalat lainnya. Dalam sebuah hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melaksanakan shalat Shubuh bersama jamaah, kemudian duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit (setelah shalat) kemudian melaksanakan shalat dua rakaat (Sunnah), baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna" (HR. At-Tirmidzi).

Keutamaan shalat Shubuh di masjid juga terkait dengan perlindungan dari godaan dan gangguan syaitan. Rasulullah SAW bersabda, "Jika engkau mendengar adzan untuk shalat shubuh, maka hendaklah engkau menjawabnya" (HR. Bukhari dan Muslim). Hal ini menunjukkan bahwa melaksanakan shalat Shubuh di masjid dapat menjadi jaminan untuk terhindar dari godaan syaitan, karena syaitan akan berusaha keras menghalangi umat Muslim untuk menjalankannya.

Manfaat Shalat Shubuh di Masjid
Melakukan shalat Shubuh di masjid juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan sosial umat Muslim. Kehadiran di masjid pada waktu Shubuh memperkokoh ikatan sesama Muslim, memperkuat solidaritas, dan mempererat tali persaudaraan. Hal ini karena shalat Shubuh di masjid merupakan waktu pertemuan umat Muslim dalam keadaan suci dan tenang, sehingga menciptakan rasa kebersamaan yang kuat di antara mereka.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

BNN Temukan Boneka Isi Ganja
0 Suka, 0 Komentar, 4 Jun 2017
Update Windows, Apa Pentingnya?
0 Suka, 0 Komentar, 28 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?