Tampang

Kenapa Saat Malam Pertama Muharram Dianjurkan Minum Susu?

23 Jul 2024 13:22 wib. 112
0 0
susu
Sumber foto: pinterest

Saat malam pertama Muharram tiba, umat Islam umumnya dianjurkan untuk minum susu sebagai bagian dari amalan yang dianjurkan dalam Islam. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah, bulan yang memiliki makna dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Tindakan minum susu pada malam pertama Muharram memiliki banyak makna dan kebaikan di dalamnya. 

Mengapa Malam Pertama Muharram Penting

Malam pertama Muharram sangat penting bagi umat Islam karena pada malam itu, Allah memberi keistimewaan kepada puasa yang dikerjakan pada hari Asyura, yakni tanggal 10 Muharram. Dalam riwayat hadis, Rasulullah SAW bersabda:

"Kerjakanlah amal-amal sholeh sebanyak mungkin pada bulan ini, dan perbanyakanlah sholat, berdermalah, dan perbanyaklah puasa pada hari Asyura, karena pada hari itu Allah mengampuni dosa selama satu tahun yang telah lalu."

Selain itu, pada malam pertama Muharram juga terdapat banyak amalan sunnah dan doa-doa yang dianjurkan. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah untuk memperbanyak minum susu pada malam tersebut dengan harapan mendapatkan barokah dan kebaikan dari Allah SWT.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?