Tampang

Jangan Tinggalkan Sholat Subuh Berjamaah, Ibadah Yang Dilihat langsung Oleh Malaikat!

30 Jun 2024 21:57 wib. 23
0 0
sholat berjamaah
Sumber foto: pinterest

Sholat Subuh merupakan salah satu ibadah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri dalam agama Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Sholat Subuh lebih utama daripada dunia dan seisinya." Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sholat Subuh dalam kehidupan seorang muslim. Lebih dari itu, sholat Subuh berjamaah juga memiliki keistimewaan tersendiri, karena ibadah tersebut langsung dilihat oleh para malaikat. 

Sholat Subuh berjamaah merupakan aktivitas ibadah yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok muslim pada waktu Subuh, memadukan gerakan dan bacaan-bacaan sholat yang merupakan bagian dari rukun Islam. Sholat Subuh berjamaah menjadi ibadah yang diperhatikan secara langsung oleh para malaikat. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan orang yang sholat Subuh berjamaah, bagaikan orang yang sholat selama setengah malam." 

Malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang berada dalam kehidupan sehari-hari manusia meskipun tidak terlihat oleh mata kita. Mereka selalu hadir memperhatikan aktivitas ibadah umat manusia. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW juga bersabda, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya memberkahi orang yang sholat di gelap malam." Keberadaan malaikat ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi umat Islam ketika melaksanakan ibadah sholat, apalagi jika dilakukan secara berjamaah.

Sholat Subuh berjamaah juga memperkuat ukhuwah islamiyah, atau persaudaraan sesama muslim. Melakukan sholat Subuh berjamaah akan membuat kita lebih dekat dengan sesama muslim, karena secara fisik kita berkumpul bersama-sama di masjid atau tempat ibadah lainnya. Ukhuwah islamiyah inilah yang menjadi salah satu dasar dari ajaran Islam, yaitu saling tolong menolong dan menjadi satu keluarga besar umat Islam.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%