Tampang

Ini 6 Poin Penting Kenapa Anda Harus Belajar Sirah Nabawiyah!

31 Jul 2017 13:02 wib. 6.384
0 0
Ini 6 Poin Penting Kenapa Anda Harus Belajar Sirah Nabawiyah!

Sama halnya dengan urgensi mempelajari sejarah Indonesia. Mempelajari sirah nabawiyah pun sangat penting dipelajari untuk kita sebagai seorang muslim. Bagi teman-teman yang sedang berproses dalam hijrahnya, mempelajari sirah nabawiyah sangat penting untuk dilakukan. Karena apa? Karena dengan mempelajari sirah nabawiyah  dapat menambah dan mempertebal keimanan teman-teman terhadap Allah dan Rasulullah SAW. Kemudian dengan sendirinya teman-teman akan sangat mudah untuk bershalawat kepada baginda nabi Muhammad SAW.

Apa itu Sirah Nabawiyah?

Sirah itu artinya perjalanan hidup. Dan An-Nabawiyah berasal dari kata “Naba” yang artinya berita. Dalam bahasa Arab jika suatu kata dimbuhi dengan alif lam maka diartikan sebagai sebuah kekhususan, contoh kata shalat itu berarti kita melaksanakan shalat (shalat yang khusyuk ataupun yang tidak) tetapi apabila diberi imbuhan alif lam misalkan as-shalatu seperti dalam kalimat adzan itu artinya mengerjakan shalat yang khusuk. Maka kata An-Nabawiyah artinya berita tentang Rasulullah SAW, hanya khusus Rasulullah SAW bukan nabi-nabi yang lain. Jadi, sirah nabawiyah adalah perjalanan hidup Rasulullah SAW.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dalam mempelajari Sirah Nabawiyah, diantaranya:

  1. Kita dapat mengenal pribadi Rasulullah SAW. Mengenal pribadi Rasulullah SAW baik secara fisik, akhlak, kepribadian, rumah tangga, sosial, ekonomi, dan politik. Bagaimana kita dapat mencintai Rasulullah SAW dan mudah untuk bershalawat kepadanya apabila kita tak mengenal sosok kekasih Allah itu sendiri.
  2. Kita dapat mengenal sahabat-sahabat nabi Muhammad SAW. Dalam mempelajari perjalanan hidup nabi Muhammad SAW selain mengenal dekat sosok nabi Muhammad SAW, kitapun dapat mengenal sosok sahabat-sahabat nabi yang turut berjuang menegakkan agama Islam bersama nabi Muhammad SAW.
  3. Kita dapat mengetahui asbabunuzul (sebab turunnya) ayat dalam Al-Quran. Ayat dalam Al-Quran turun karena adanya beberapa peristiwa. Sehingga ketika kita mempelajari Sirah Nabawiyah kita dapat mengetahui asbabunuzul ayat dalam Al-Quran.
  4. Kita dapat mengetahui sababul wurud (sebab turunnya hadits). Selain kita dapat mengetahui sebab turunnya ayat Al-Quran, kita juga dapat mengetahui sebab turunnya hadits.
  5. Kita dapat mengetahui ciri, sifat, dan karakter orang munafik yang sebenarnya. Selama ini kita hanya mengetahui bahwa orang munafik adalah orang yang tidak menepati janji, orang yang apabila berkata ia bohong. Namun, ketika kita mempelajari Sirah Nabawiyah kita akan dapat mengetahui lebih spesifik seperti apa orang munafik itu.
  6. Kita dapat mengenal agama islam lebih dalam. Setelah kita mengenal sosok Rasulullah SAW, sosok sahabat-sahabat Rasulullah, mengetahui asbabunuzul ayat Al-Quran, mengetahui sababul wurud, mengetahui ciri, sifat, dan karakter orang munafik, otomatis kita akan mengenal agama islam lebih dalam lagi sehingga kita akan lebih dekat dengan Allah SWT.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?