Tampang

Salat Dhuha: Keutamaan, Bacaan, dan Rezeki

24 Apr 2024 19:19 wib. 48
0 0
Salat Dhuha: Keutamaan, Bacaan, dan Rezeki
Sumber foto: google

Salat Dhuha, juga dikenal sebagai salat sunnah, adalah ibadah yang dilakukan setelah terbitnya matahari hingga menjelang waktu zuhur. Ibadah ini terdiri dari dua rakaat, dan umumnya dilakukan pada rentang waktu antara pukul 07.00-11.00 pagi. Banyak umat Muslim yang melaksanakan salat Dhuha dengan harapan mendapatkan kemudahan dan kelancaran rezeki dari Allah SWT.

Keutamaan Salat Dhuha
Salah satu ulama terkemuka, Ustaz Adi Hidayat, memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan salat Dhuha tanpa membaca Surat Ad-Dhuha. Menurut beliau, tidak ada kewajiban membaca Surat Ad-Dhuha saat melaksanakan salat Dhuha. Beliau menekankan bahwa umat Islam diperbolehkan untuk membaca surah apapun sesuai dengan yang dihafal, tanpa harus membatasi diri pada Surat Ad-Dhuha.

Rezeki dalam Salat Dhuha
Dalam menjalankan salat Dhuha, Ustaz Adi Hidayat juga menyarankan untuk memilih bacaan yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan sehari-hari. Misalnya, dalam upaya untuk mempermudah datangnya rezeki, beliau menganjurkan untuk mencari surah-surah dalam Al-Quran yang menjamin kelancaran rezeki. Ustaz Adi Hidayat secara khusus merujuk kepada beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan kelancaran rezeki, seperti surah Al-A'la, Al-Fath, surah ke-2 ayat 29, surah ke-2 ayat 168, surah ke-2 ayat 172, dan surah ke-7 ayat 96.

Hadits tentang Keutamaan Salat Dhuha
Selain penjelasan Ustaz Adi Hidayat, terdapat pula beberapa hadits yang menjelaskan keutamaan salat Dhuha. Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad memberikan wasiat untuk menjalankan salat Dhuha sebagai salah satu amalan yang dapat mendatangkan rezeki. Hadits lainnya menggambarkan bahwa setiap ruas tubuh yang melakukan tasbih, tahmid, tahlil, takbir, atau mendorong kebaikan, dianggap sebagai sedekah, dan semuanya dapat disetarakan dengan pelaksanaan salat Dhuha dua rakaat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Diet Dengan Cara Sehat
0 Suka, 0 Komentar, 26 Feb 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?