Tampang

Bagaimana Menanggapi Orang yang Tidak Mau Menerima Dakwah: Ini Kata Ustadz Abdul Somad

2 Jul 2024 08:56 wib. 34
0 0
uas
Sumber foto: pinterest

Menurut Ustadz Abdul Somad, ada kalanya seseorang menolak atau tidak mau menerima dakwah. Dakwah sendiri merujuk pada upaya untuk memberikan pemahaman tentang ajaran agama Islam kepada orang lain, baik yang sudah beragama Islam maupun yang belum. Bagi seorang dai atau pendakwah, menemukan orang yang menolak dakwah mungkin menjadi tantangan tersendiri. Namun, bagaimanapun juga, cara menanggapi orang yang tidak mau menerima dakwah haruslah tetap dilakukan dengan sikap baik dan hikmah.

Menurut ceramah Ustadz Abdul Somad, sikap yang tepat dalam menanggapi orang yang tidak mau menerima dakwah adalah dengan tetap menjaga keikhlasan, kelembutan, dan sikap yang mengundang simpati. Dalam kesehariannya, Ustadz Abdul Somad sendiri telah memberikan contoh sikap yang baik dalam menanggapi orang yang menolak dakwah. Beliau selalu mengajarkan kepada umatnya untuk tidak tergesa-gesa, tetapi tetap bersabar dan selalu mempersempit kesenjangan antara diri sendiri dengan orang yang tidak mau menerima dakwah.

Ustadz Abdul Somad juga menekankan pentingnya menjaga ketenangan jiwa di tengah berbagai sikap penolakan yang mungkin diterima oleh seorang dai. Ketenangan jiwa ini akan mencerminkan kepribadian yang tenang dan tidak mudah terprovokasi, sehingga akan mempengaruhi sikap dan cara berkomunikasi ketika berhadapan dengan orang yang tidak mau menerima dakwah.

Catatan beliau juga menjadi perhatian utama, yakni jangan sampai sikap penolakan seseorang terhadap dakwah kita menyulut emosi yang berlebihan. Sebaliknya, sifat ramah, sabar, serta penuh hikmah dalam memberikan dakwah akan lebih mungkin membuat hati orang yang semula menolak menjadi terbuka. Ustadz Abdul Somad memotivasi seluruh jamaahnya untuk tetap berpegang pada sikap yang tidak memaksakan kehendak, melainkan lebih kepada memberikan pemahaman dan penjelasan yang baik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%