Tampang

Apa Itu Istilah "Bid'ah" dalam Islam?

1 Jun 2024 21:40 wib. 222
0 0
Bid'ah dalam pandangan islam
Sumber foto: google

Di sisi lain, pendekatan bid'ah sayyiah menyatakan bahwa setiap perubahan atau inovasi dalam agama Islam dianggap sebagai kesesatan dan bertentangan dengan ajaran yang telah ditetapkan. Kelompok yang mengadopsi pendekatan ini menganggap bid'ah sebagai suatu bentuk penyimpangan dari ajaran agama yang seharusnya dihindari.

Tantangan dalam Memahami Bid'ah

Salah satu tantangan dalam memahami bid'ah dalam Islam adalah pada interpretasi dan implementasinya. Sebagian ulama berpendapat bahwa bid'ah dapat diterima asalkan tidak melanggar prinsip-prinsip dasar agama, sedangkan sebagian lainnya menganggap bahwa segala bentuk inovasi dianggap sebagai kesesatan. Hal ini menimbulkan perbedaan pandangan dan pemahaman di kalangan umat Islam, yang seringkali menjadi sumber perpecahan dan konflik.

Penilaian Bid'ah dalam Fiqih

Dalam fiqih (hukum Islam), bid'ah dibagi menjadi dua kategori, yaitu bid'ah muktashabihah dan bid'ah mughayyirah. Bid'ah muktashabihah merujuk kepada perbuatan atau keyakinan yang berusaha menyerupai ajaran agama Islam tanpa memiliki dasar yang kuat. Sedangkan, bid'ah mughayyirah merujuk kepada perubahan atau inovasi dalam agama Islam yang mengakibatkan penghilangan atau penambahan terhadap ajaran agama yang telah ditetapkan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.