Tampang

Menggelikannya Survei Median yang Soal SBY Ini

24 Feb 2018 10:20 wib. 1.278
0 0
Menggelikannya Survei Median yang Soal SBY Ini

Tidak ada yang salah dengan angka-angka yang disajikan Median dalam rilis surveinya tersebut. Demikian juga dengan hasil survei yang menyebut konstituen atau pemilih Golkar, PPP, Hanura dan PAN lebih banyak yang memilih Prabowo Subianto ketimbang Joko Widodo apabila pilpres digelar saat ini (Sumber: Kompas.com).

Karenanya salah besar jika Ketua Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menanggapi hasil survei Median tersebut dengan mengatakan, “Survei ini sgt diragukan keakurasiannya, cenderung hanya persepsi sj. Sy meyakini yg disurvei blm tentu kader Demokrat. Harusbya yg di survei yg punya KTA DEMOKRAT. Medium jika tdk mampu tunjukkan bahwa yg disurvei punya KTA DEMOKRAT, mk hasil surveinya NOL BESAR”.

Jelas dalam sejumlah pemberitaan, tertulis “pemilih atau konstituen”. Konstituen, menurut Kamus Politik Rebanas.com berarti anggota atau masyarakat pendukung parpol. Jadi pemilih belum tentu merupakan anggota parpol. Demikian juga dengan konstituen. Bukankah anggota Demokrat yang memiliki KTA jauh lebih sedikit dari pemilih Demokrat dalam Pileg 2014 yang menyentuh angka 12,7 juta.

Kemudian, sebagai bahan perbandingan, dalam survei pemasaran atau marketing research, karyawan pada perusahaan yang bergerak di bidan yang menjadi obyek survei tidak bisa dijadikan responden. Misalnya, karyawan pabrik rokok tidak bisa menjadi responden dalam survei yang terkait rokok.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?