Tampang

Uretra: Penjelasan dan Pengertian

24 Jun 2024 18:38 wib. 38
0 0
Pengertian Uretra
Sumber foto: Google

Uretra merupakan bagian dari sistem kemih manusia yang memiliki peran penting dalam proses pengeluaran urine dari tubuh. Uretra merupakan saluran sempit yang menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan luar. Berbeda dengan bronkus, uretra memiliki struktur yang lebih sederhana namun memiliki fungsi yang sangat vital dalam sistem ekskresi manusia.

Pengertian Uretra
Uretra adalah saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan luar. Fungsi utama uretra adalah untuk mengalirkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Selain itu, pada pria, uretra juga berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan air mani dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis melalui uretra bagian prostat dan uretra membranasea. Panjang uretra pada pria lebih panjang dibandingkan dengan wanita, karena uretra pria melewati organ-organ reproduksi dan saluran ejakulasi.

 Struktur Uretra
Uretra memiliki struktur yang berbeda antara pria dan wanita. Pada pria, uretra memiliki panjang sekitar 20 cm dengan diameter sekitar 6-8 mm. Uretra pria dibagi menjadi tiga bagian, yaitu uretra prostatika, uretra membranasea, dan uretra spongis. Sedangkan pada wanita, uretra memiliki panjang sekitar 4 cm dengan diameter sekitar 6-8 mm. Perbedaan panjang uretra antara pria dan wanita disebabkan oleh perbedaan anatomi antara sistem reproduksi maupun saluran kemih kedua jenis kelamin.

 Fungsi Uretra
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama uretra adalah sebagai saluran untuk pengeluaran urine dari kandung kemih ke lingkungan luar. Proses pengeluaran urine dari tubuh ini disebut dengan proses berkemih. Pada pria, uretra juga berfungsi sebagai saluran untuk pengeluaran air mani yang dihasilkan oleh kelenjar prostat dan vesikula seminalis.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

15 Cara Mengatasi Asam Lambung
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%