Tampang

Sistolik: Pengertian dan Penjelasan

24 Jun 2024 17:47 wib. 240
0 0
Pengertian Sistolik
Sumber foto: Google

Sistolik adalah istilah yang sering kali mendapat perhatian dalam dunia medis, terutama saat membahas tentang tekanan darah. Teori-teori dan penelitian ilmiah terkait dengan sistolik juga kerap menjadi topik penting dalam upaya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, banyak dari kita mungkin belum benar-benar memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah sistolik.

Pengertian Sistolik

Sistolik merujuk pada fase tertentu dalam siklus detak jantung. Pada fase ini, jantung berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh. Pada saat sistolik, tekanan darah dalam arteri mencapai titik tertingginya, yang bisa direpresentasikan oleh angka pertama dalam pengukuran tekanan darah (misalnya, 120/80 mmHg, di mana angka 120 menunjukkan tekanan sistolik).

Pada tekanan sistolik yang normal, jantung sedang melakukan upaya maksimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Tarikan pada dinding arteri terjadi dalam jumlah yang signifikan kala itu. Dalam kadar tekanan darah tubuh, fase ini menjadi momentum penting yang harus dipantau untuk mencegah berbagai risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Penjelasan Lebih Lanjut

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Memahami Hukum Memakan Jengkol dalam Islam
0 Suka, 0 Komentar, 13 Mei 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.