Tampang

Sistolik: Pengertian dan Penjelasan

24 Jun 2024 17:47 wib. 241
0 0
Pengertian Sistolik
Sumber foto: Google

Tekanan sistolik adalah parameter utama yang digunakan dalam mengevaluasi kesehatan jantung. Ketika tekanan ini terlalu tinggi, seseorang dapat dikategorikan sebagai penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner, penyakit arteri koroner, stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Dalam penanganan hipertensi, penurunan tekanan sistolik menjadi fokus utama untuk mencapai tujuan pengobatan. Orang-orang dengan tekanan sistolik tinggi mungkin dianjurkan untuk mengubah gaya hidup mereka, seperti meninggalkan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi garam, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengikuti pola makan sehat.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa tekanan sistolik yang terlalu rendah juga dapat menjadi pertanda masalah kesehatan, seperti syok, penyakit jantung, atau gangguan pada katup jantung. Kondisi ini dapat mengakibatkan penurunan pasokan darah ke organ vital, sehingga mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan.

Dalam penentuan tekanan darah, pengukuran tekanan sistolik memegang peranan kunci. Untuk melakukan pengukuran tekanan darah, biasanya digunakan alat yang disebut sphygmomanometer, yang terdiri dari manset dan manometer. Ketika manset dipompa, tekanan pada arteri di lengan menjadi lebih besar dari tekanan sistolik, sehingga darah tidak dapat mengalir. Ketika udara dilepaskan dari manset, tekanan pada arteri secara bertahap mengecil, sehingga darah dapat kembali mengalir dan angka pada manometer menunjukkan tekanan sistolik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Hijab Masa Kini
0 Suka, 0 Komentar, 7 Mar 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.