Tampang

Satu Hari Bisa Berubah Jadi 25 Jam, Peneliti Ungkap Penyebabnya

7 Okt 2024 05:19 wib. 62
0 0
Satu Hari Bisa Berubah Jadi 25 Jam, Peneliti Ungkap Penyebabnya
Sumber foto: iStock

Seiring dengan berjalannya waktu, perjalanan Bumi dalam satu hari yang dikenal sebagai periode rotasi, tidaklah selalu konsisten. Menurut penelitian yang baru-baru ini dilakukan, durasi waktu satu hari ini sebenarnya bisa berubah dari 24 jam menjadi 25 jam. Terlepas dari kemungkinan ini terdengar kurang masuk akal, para peneliti telah menemukan bukti bahwa ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, para ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa selama miliaran tahun terakhir, durasi satu hari telah mengalami perubahan yang signifikan. Pada masa lalu, tepatnya sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu, satu hari hanya terdiri dari 18 jam saja. Analisis ini membuka mata kita akan perubahan yang mengagumkan dalam perjalanan waktu ini.

Hasil penelitian tersebut menyoroti bahwa perubahan durasi rotasi ini sebagian besar disebabkan oleh posisi Bulan yang semakin menjauh dari Bumi. Profesor Stephen Meyers dari University of Wisconsin-Madison menjelaskan, "Saat Bulan menjauh, Bumi berputar melambat seperti peselancar es. Sekitar 1,5 miliar tahun lalu, jarak Bulan cukup dekat dengan interaksi gravitasi Bumi yang bisa menghancurkannya." Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jarak Bulan dari Bumi mempengaruhi kecepatan rotasi Bumi itu sendiri.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.