Tampang

Rahim: Penjelasan dan Pengertian yang Perlu Diketahui

24 Jun 2024 18:57 wib. 255
0 0
Pengertian Rahim
Sumber foto: Google

Rahim adalah bagian penting dari sistem reproduksi wanita. Dalam tubuh perempuan, rahim memiliki peran vital dalam proses kehamilan dan menstruasi. Untuk memahami lebih dalam tentang rahim, mari kita jelaskan pengertian dan penjelasannya secara detail.

 Pengertian Rahim
Rahim, juga dikenal sebagai uterus, adalah organ berongga yang terletak di panggul bagian bawah. Organ ini merupakan tempat pertumbuhan janin selama kehamilan. Rahim memiliki dinding otot yang dapat meregang dan menegang, memungkinkan tumbuhnya janin dari sel satu hingga masa persalinan. Setelah proses persalinan, rahim masih memiliki peran untuk menyusui dalam menyokong janin.

Struktur Rahim

Rahim terdiri dari beberapa bagian, termasuk fundus, korpus, dan serviks. Fundus adalah bagian atas rahim yang biasanya berada di dekat perut. Korpus adalah bagian tengah rahim dan biasanya tempat di mana janin akan tumbuh selama masa kehamilan. Terakhir, serviks adalah leher rahim yang berfungsi sebagai pintu masuk bagi sperma saat berhubungan seksual, serta sebagai jalur keluar menstruasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.