Tampang

Asal Usul Bedug, Simbol Akulturasi Budaya Indonesia.

1 Apr 2024 16:16 wib. 52
0 0
Asal Usul Beduk, Simbol Akulturasi Budaya Indonesia.
Sumber foto: timesindonesia.co.id

Bro, pernah nggak sih lo denger tentang bedug? Tau gak sih sebenarnya dari mana asal-usul bedug dan kenapa bedug jadi simbol akulturasi budaya Indonesia? Nah, kali ini gue bakal ngebahas soal asal-usul bedug dan gimana bedug jadi simbol budaya yang keren banget di Indonesia. Yuk, simak sampe habis!

Jadi, bedug itu sebenernya adalah alat musik perkusi yang terbuat dari bahan kulit yang diregangkan di atas cangkang atau tabung kayu. Sound-nya khas banget, dan biasanya dipake buat ngasih tanda dalam ritual keagamaan atau acara-acara adat di Indonesia. Tapi lo tau nggak sih, bedug sebenernya nggak berasal dari Indonesia?

Baca jugaSejarah Bedug

Iya bro, asal-usul bedug itu sebenernya berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari wilayah Persia dan Arab. Bedug masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13, saat kedatangan Islam ke Nusantara. Kala itu, bedug dibawa masuk ke wilayah Nusantara oleh para pedagang Arab yang masuk bersama penyebaran Islam. Bedug dulunya digunakan sebagai alat musik dalam ritual keagamaan umat Islam, dan kemudian jadi bagian dari tradisi budaya di Indonesia.

Gimana bedug bisa jadi simbol akulturasi budaya? Nah, hal ini terjadi karena bedug berhasil disatukan dengan budaya lokal di Indonesia. Saat bedug masuk ke Indonesia, alat musik ini disesuaikan dengan keadaan budaya di Indonesia. Proses akulturasi pun terjadi, di mana bedug enggak hanya menjadi bagian dari budaya Islam, tapi juga disatukan dengan budaya adat Indonesia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?