Tampang

Rahasia di Balik Insang dan Fungsinya dalam Tubuh Ikan

24 Jun 2024 18:37 wib. 185
0 0
Pengertian Insang
Sumber foto: Google

Insang adalah salah satu bagian tubuh ikan yang memiliki peran penting dalam proses pernapasan. Penelitian ilmiah telah membantu kita memahami lebih dalam tentang insang, termasuk pengertian dan fungsinya dalam kehidupan ikan. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang insang, mulai dari pengertian, struktur, fungsi, hingga proses pernapasannya.

Pengertian Insang

Insang merupakan bagian dari sistem pernapasan ikan yang memungkinkan mereka untuk mengambil oksigen dari air. Struktur insang terdiri dari lembaran-lembaran kecil yang disebut filamen. Setiap filamen memiliki banyak lamela, yaitu lipatan-lipatan kecil yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas. Dengan adanya insang, ikan dapat mempertukarkan karbon dioksida yang dihasilkan dari metabolisme dengan oksigen yang terlarut di dalam air.

Fungsi Insang

Fungsi utama dari insang adalah untuk menangkap oksigen dan membuang karbon dioksida. Proses ini terjadi melalui pertukaran gas yang terjadi di dalam lamela-lamela insang. Ketika air melewati insang, oksigen yang larut di dalamnya akan diserap oleh pembuluh darah ikan melalui lamela-lamela tersebut. Sebaliknya, karbon dioksida dari darah akan dilepaskan ke dalam air melalui insang.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.