Tampang

Mengapa Ikan Paus Mengalami Menopause?

16 Mar 2024 05:31 wib. 167
0 0
Mengapa Ikan Paus Mengalami Menopause?
Sumber foto: google

Menopause sangat familiar bagi wanita, namun pada spesies lain hal ini sangat jarang terjadi. Tahun lalu, para ilmuwan melaporkan bahwa betina dalam satu populasi simpanse berumur panjang melewati masa reproduksinya. Namun selain simpanse dan manusia, para peneliti telah menemukan bukti jelas bahwa menopause hanya terjadi pada lima spesies – semuanya paus.

Para ilmuwan telah lama memperdebatkan mengapa menopause terjadi. Mungkin hal ini memberikan keunggulan evolusioner bagi perempuan, atau mungkin merupakan efek samping dari beberapa fitur bermanfaat lainnya dalam kehidupan mereka.

Dalam sebuah studi baru yang mengamati biologi lima spesies paus, para peneliti berpendapat bahwa menopause memberikan keuntungan evolusioner pada hewan tersebut. Misalnya, hal ini dapat mencegah perempuan yang lebih tua untuk hamil pada saat yang sama dengan anak perempuan mereka, dan menghindari konflik sumber daya yang dapat merugikan kedua keturunan mereka.

Samuel Ellis, ahli biologi di Universitas Exeter yang memimpin penelitian yang dipublikasikan di Nature, mengatakan bahwa paus mungkin mengalami menopause karena alasan yang sama seperti manusia.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?