Tampang

Laring: Fungsi dan Peran dalam Sistem Pernapasan Manusia

24 Jun 2024 18:58 wib. 221
0 0
Pengertian Laring
Sumber foto: Google

 Penjelasan tentang Laring

Laring memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk mengatur aliran udara saat bernapas dan untuk memproduksi suara. Saat kita bernapas, laring membuka pintunya agar udara dapat masuk ke paru-paru melalui trakea. Ketika kita ingin berbicara atau mengeluarkan suara, udara yang keluar dari paru-paru menggerakkan pita suara di dalam laring. Hal ini menghasilkan getaran yang kemudian diubah menjadi suara oleh berbagai struktur di dalam saluran vokal.

Laring juga memiliki epiglotis, yaitu katup yang terletak di pangkal lidah. Epiglotis berfungsi menutup jalur udara saat kita menelan makanan atau minuman, sehingga mencegah agar benda tersebut tidak masuk ke saluran pernapasan. 

 Fungsi Laring dalam Sistem Pernapasan

Peran utama laring dalam sistem pernapasan manusia adalah untuk mengatur aliran udara dan menghasilkan suara. Saat bernapas, laring membuka dan memperbesar lumen saluran udara agar udara dapat masuk ke paru-paru secara lancar. Ketika berbicara, laring bekerja dengan berbagai struktur lainnya dalam saluran vokal untuk menghasilkan suara yang bervariasi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.