Tampang

Guru Besar UI: Menuju Indonesia Emas, Dibutuhkan Individu Berkarakter Sosial di dalam Politik

27 Mei 2024 10:40 wib. 93
0 0
Guru Besar UI: Menuju Indonesia Emas, Dibutuhkan Individu Berkarakter Sosial di dalam Politik

Perayaan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan momen penting bagi Indonesia untuk menggalang semangat dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan memerlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk dalam aspek kehidupan politik. Salah satu elemen kunci dalam mewujudkan visi ini adalah keberadaan individu yang memiliki karakter sosial yang kuat dalam dunia politik.

Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc., seorang Guru Besar Ilmu Kesejahteraan Sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), memaparkan mengenai pentingnya memperkuat semangat kebangkitan dalam masyarakat Indonesia. Menurutnya, terdapat tiga karakteristik utama yang perlu dimiliki oleh individu untuk mendukung kebangkitan ini, yaitu memiliki identitas kebangsaan yang kuat, produktif, dan mampu membangun hubungan yang baik.

Penguatan identitas kebangsaan merupakan hal yang krusial dalam membangun semangat kebangkitan. Melalui pemahaman yang mendalam tentang budaya, sejarah, dan nilai-nilai bangsa, individu dapat menjadi agen perubahan yang mampu menginspirasi orang lain. Selain itu, produktivitas juga menjadi faktor penting dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Masyarakat yang produktif mampu berkontribusi secara aktif dalam pengembangan ekonomi dan sosial, sehingga menciptakan momentum menuju kemajuan yang berkelanjutan.

Namun, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah kemampuan individu dalam membangun relasi atau jaringan yang kuat. Hal ini memberikan dampak positif dalam menjalin kerjasama dan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan adanya hubungan yang baik antarindividu, maka akan mendorong terbentuknya pola pikir kolaboratif yang melahirkan solusi-solusi kreatif dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%